syawalMINGGU, 27 JULI 2014 12:18:32 – OLEH : TEJA

ADAKIANEWS Kediri – Kendati sebagian umat Islam sudah memastikan datangnya 1 Syawal 1435 hijriah pada hari Senin,(28/7) besok, Kemenag Kabupaten Kediri masih akan mengirim tim rukyatul hilal Untuk memastikan datangnya hari raya Idul Fitri ke pantai Serang, Kabupaten Blitar. Tim itu akan berusaha melihat hilal secara langsung dilokasi tersebut.

Humas Kemenag kabupaten Kediri, Paulo Jose Xemenes mengatakan, tim itu beranggotakan 5 orang yang terdiri dari staf Kemenag sebanyak 4 orang dan 1 orang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kediri. Tim itu itu menurut Paulo akan diberangkatkan sore sekitar pukul 14.00 wib nanti.

“Tim rukyatul hilal yang akan kami kirim sebanyak 5 orang, dipimpin oleh Seksi Binmas Islam dan Penyelenggara Syariah,” jelas Paulo, Minggu, (27/7).

Paulo mengatakan, kegiatan melihat hilal tersebut secara rutin dilakukan oleh pihaknya untuk menentukan datangnya hari raya Idul Fitri. Menurut Paulo, secara nasional kemenag akan melihat hilal di 111 titik yang tersebar di 33 provinsi.

Hasil melihat hilal tersebut menurut Paulo, akan dilaporkan secara langsung pada sidang isbat yang akan diselenggarakan Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta saat itu juga.

Sementara, sekretaris MUI Kabupaten Kediri, Slamet Riadi menjelaskan, untuk menentikan jatuhnya 1 Syawal, memiliki dua cara, yakni dengan menggunakan ilmu hisab dan melakukan rukyah atau melihat secara langsung.

“Kedua metode penentuan itu memiliki dasar yang kuat, sama-sama benarnya. Yang satu berdasarkan penghitungan, sedang satunya lagi dengan melihat secara langsung. Jadi tidak perlu diperlu diperdebatkan. Yang akan merayakan Idul Fitri besok Senin,(28/7) dipersilahkan. Sedang yang masih menunggu hasil rukyah juga dipersilakan,” ujat Slamet Riadi.

Slamet menghimbau agar seluruh umat Islam tidak terjebak pada perdebatan terkait perbedaan tersebut. Sebab menurutnya, perdebatan tersebut dapat berpotensi terjadinya perpecahan.

“Kami menghimbaui rasa ukuwah antara sesama umat Islam ini yang harus dijaga. Jangan sampai terjebak pada persoalan perdebatan yang menurut kita kurang penting. Sebab perdebatan itu bisa berpotensi terjadinya perpecahan,” pungkasnya.(ys)

Keterangan Gambar : ilustrasi melihat hilal

redaksiSpiritual
MINGGU, 27 JULI 2014 12:18:32 - OLEH : TEJA ADAKIANEWS Kediri - Kendati sebagian umat Islam sudah memastikan datangnya 1 Syawal 1435 hijriah pada hari Senin,(28/7) besok, Kemenag Kabupaten Kediri masih akan mengirim tim rukyatul hilal Untuk memastikan datangnya hari raya Idul Fitri ke pantai Serang, Kabupaten Blitar. Tim itu...