ADAKITANEWS, Nganjuk – Kedua warga yang kedapatan membawa berkas persyaratan pembuatan E-KTP dan surat kependudukan lain di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Nganjuk diamankan anggota Satpol PP, Rabu (19/10).

Mereka adalah Titik Kusmawati, warga Desa Banaran Kecamatan Kertosono dan Sri rahayu, warga Desa Gangang Malang Kecamatan Tanjunganom Nganjuk.
Keduanya lantas digiring petugas Satpol PP ke ruang kerja Dispendukcapil beserta sejumlah pegawai dinas Dispendukcapil saat hendak mengambil berkas titipan milik sejumlah warga.

Di depan petugas, Titik mengaku menguruskan sejumlah berkas kependudukan milik warga dari berbagai wilayah dengan imbalan sejumlah uang.

Meski menolak disebut calo dan berdalih menolong warga, kedua pelaku tidak bisa berbuat banyak saat kedapatan di dalam tasnya terdapat puluhan berkas kependudukan milik warga dari berbagai daerah. “Saya hanya dimintai tolong untuk ngurus itu (E-KTP,red) oleh tetangga,” kilah Sri rahayu saat diinterogasi.

Danuji, Kabid Akte Dispendukcapil Nganjuk menjelaskan, bagi warga yang mengurus E-KTP milik warga lain harus membawa surat kuasa dari pemilik. Dan jika tanpa surat kuasa pihaknya tidak akan melayani. “Aturannya memang begitu,” ujarnya.

Suhariyono, Kasatpol PP Nganjuk mengaku pihaknya mendapat laporan dari warga tentang adanya praktik percaloan. “Ya tadi kedua warga kita interogasi dan kita proses lebih lanjut,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun Tim Adakitanews.com, kedua warga tersebut sering melakukan praktik percaloan untuk mengurus sejumlah berkas kependudukan. Motifnya, keduanya stand by di Kantor Dispendukcapil dan mengaku bisa mengurus berkas kependudukan warga dengan cara pintas.(Jati)

Keterangan Gambar: Kedua calo E-KTP saat diinterogasi petugas.(Foto : Bagus Jatikusumo)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/10/20161020_095401-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/10/20161020_095401-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,Calo,dispendukcapil nganjuk,e ktp,nganjuk,pemkab nganjuk,satpol pp nganjuk
ADAKITANEWS, Nganjuk - Kedua warga yang kedapatan membawa berkas persyaratan pembuatan E-KTP dan surat kependudukan lain di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Nganjuk diamankan anggota Satpol PP, Rabu (19/10). Mereka adalah Titik Kusmawati, warga Desa Banaran Kecamatan Kertosono dan Sri rahayu, warga Desa Gangang Malang Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. Keduanya...