Tim Gabungan Bongkar Belasan Fasum Liar

803

2015-08-25_19.27.10

ADAKITANEWS, Madiun – Tim Gabungan Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), PDAM Kota Madiun dan LSM, kembali melakukan pembongkaran fasilitas umum (fasum) liar, Selasa (25/8). Kali ini, pembongkaran 16 bangunan kios permanen di Jalan dr Soetomo terpaksa dilakukan, untuk menertibkan asset Pemkot Madiun sekaligus mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Apalagi, bangunan selama ini ditempati pedagang berdiri diatas trotoar. Seluruh pedagang kooperatif saat akan dilakukan pembongkaran. Dari 16 kios permanen yang hendak dibongkar, 3 kios masih terisi barang dagangan. Hal ini membuat tim penertiban melakukan pemindahan terlebih dahulu dengan mengangkut barang dagangan ke rumah yang bersangkutan,” ujar Kepala Satpol PP Kota Madiun, Sunardi Nurcahyono

Ia menyatakan Pemkot Madiun memberikan batas akhir pembongkaran bangunan permanen di kawasan Jalan dr Soetomo hingga 30 Agustus mendatang. Sementara deadline bagi pedagang untuk mengemasi barang dagangan, terakhir Senin (24/8) lalu.  Selanjunya jika pedagang membandel akan dilakukan pembongkaran paksa. Kawasan Jalan dr Soetomo terutama trotoar di sebelah barat jalan, nantinya akan digunakan sepenuhnya untuk pejalan kaki.

Para pedagang tidak diperkenankan kembali berjualan di lokasi tersebut. Pemkot Madiun juga memberikan toleransi bagi pedagang, untuk berjualan di sebelah timur jalan, dengan catatan ada pembatasan jam dagang khusus buka malam hari dan menggunakan tenda dengan sistem bongkar pasang. “Kalau di timur jalan boleh digunakan, tapi tidak permanen, dan diatur jam dagangnya,” tandasnya.

Atas pembongkaran bangunan kios, para pedagang mendapat kompensasi dari pemerintah kota sebesar Rp 6 juta. Sedangkan Sudarmi pedagang setempat mengatakan dirinya sudah ikhlas atas pembongkaran kios miliknya. Lahan sudah belasan tahun ditempatinya untuk mengais rejeki merupakan asset negara.

“Saya memang tidak berhak menempati, jadi saya ikhlas. Kalau dibilang sedih ya sedih, tapi mau bagaiamana lagi,” ujarnya. (UK)

Keterangan foto: Sejumlah petugas Satpol PP Kota Madiun tengah menghancurkan bangunan berada di fasilitas umum (fasum) sepanjang Jalan dr Soetomo,Kota Madiun.