ADAKITANEWS, Kota Blitar – Menjelang natal dan tahun baru, Tim Koordinasi Pengawasan Pengendalian Makanan dan Obat Kota Blitar (TKP2MO) yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Kepolisian, Satpol PP dan konsumen, menggelar inspeksi mendadak ke beberapa pedagang pasar dan kios yang ada di Kota Blitar, Senin (04/12).

Hasilnya, masih banyak para pedagang yang tetap menjajakan dagangannya meski melanggar aturan konsumen. Seperti tidak adanya makanan yang berlabel, tidak memiliki izin atau PIRT, termasuk adanya tanggal kedaluwarsa pada makanan yang dijual.

Ketua Yayasan Konsumen Indonesia Blitar Raya, Dadik Wahyudi mengatakan, banyaknya makanan yang disita dari pedagang akibat tidak memenuhi standar, adalah karena minimnya pembinaan yang dilakukan pemerintah kepada para pedagang.

“Kita melihat pelanggaran ini salah satunya disebabkan minimnya pembinaan yang dilakukan Pemerintah,” pungkasnya, Senin (04/12).

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dharma Setiawan mengaku banyaknya penemuan jajan yang melanggar aturan disebabkan minimnya pengetahuan para pedagang. Selain itu juga perlu pengawasan lebih lanjut bagi para produsen.

“Pengawasan kepada produsen sangat penting. Sebab banyak produk yang dijual tidak mencantumkan kode produksi bahkan tanggal kedaluwarsa,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam sidak kali itu sejumlah barang yang tidak layak dikonsumsi langsung disita oleh petugas. Para pedagang yang dagangannya disita, juga langsung mendapatkan pembinaan.(fat)

Keterangan gambar: Suasana sidak oleh TKP2MO.(ist)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/041217-fat-blitar-sidak-makanan-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/041217-fat-blitar-sidak-makanan-150x150.jpgREDAKSIKesehatanadakitanews,Berita,blitar,jajan pasar,sidak makanan
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Menjelang natal dan tahun baru, Tim Koordinasi Pengawasan Pengendalian Makanan dan Obat Kota Blitar (TKP2MO) yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Kepolisian, Satpol PP dan konsumen, menggelar inspeksi mendadak ke beberapa pedagang pasar dan kios yang ada di Kota Blitar, Senin (04/12). Hasilnya, masih banyak para pedagang...