bak_sampah_ilustrasi@dakitanews Kediri – Dianggap timbulkan polusi, depo sampah di Kota Kediri ditolak warga. Dari seluruh Kelurahan di Kota Kediri, hanya 36 titik yang bisa ditempati Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Padahal idealnya setiap kelurahan harus mempunyai satu unit depo.

Sesuai data dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri, masih terdapat beberapa kelurahan yang belum memiliki TPS, yakni Kelurahan Ketami, Betet, Blabak, Rejomulyo, Manisrenggo, Cakarsi, Tempurejo, Gayam dan Ngampel.

Warga berasalan belum adanya TPS dikelurahan mereka karena memang menolak dan tidak ingin ada bau busuk dengan keberadaan depo tersebut. Pihak DKP pun terpaksa mencari lahan yang jauh dari permukiman penduduk untuk mengantisipasi penumpukan sampah pada sejumlah kelurahan yang tidak memiliki TPS.

Endang Kartikasari Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri mengatakan, kekurangan TPS ini karena kekurangan lahan penempatan depo dan penolakan dari masyarakat.

“ Jumlah TPS kita saat ini sebanyak 36 unit tersebar di tiga kecamatan. Apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk Kota Kediri mencapai 312.331 jiwa dan produksi sampahnya mencapai 2,5 liter setiap jiwa per hari, jumlah ini masih kurang kira-kira 10 unit lagi,” ujar Endang Kartikasari, Senin (06/10)

Endang menambahkan pihaknya saat ini sedang berusaha melakukan pendekatan dengan pihak kelurahan untuk memberikan sosialisasi penempatan TPS.

“ Kendala yang kita hadapi dalam menempatkan depo sampah ini karena banyak masyarakat yang menolak. Sehingga kita kesulitan untuk mencari lahan yang bisa digunakan untuk menempatkan TPS,” keluh Endang.

Akibat kurangnya TPS dibeberapa titik di Kota Kediri, banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, seperti di jalanan maupun area persawahan dan menyebabkan polusi serta mencemari lingkungan.Sehingga menimbulkan persoalan baru. (*)

Keterangan Gambar : Depo sampah

RedaksiDaerah
@dakitanews Kediri – Dianggap timbulkan polusi, depo sampah di Kota Kediri ditolak warga. Dari seluruh Kelurahan di Kota Kediri, hanya 36 titik yang bisa ditempati Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Padahal idealnya setiap kelurahan harus mempunyai satu unit depo. Sesuai data dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri, masih terdapat...