ADAKITANEWS, Jombang – Tradisi ziarah ke makam leluhur menjelang bulan ramadan atau yang sering disebut dengan istilah “nyekar”, hingga saat ini masih sering dilakukan masyarakat. Momentum itupun menjadi rezeki tersendiri bagi para penjual bunga, seperti di Pasar Citra Niaga Jombang (Pasar Legi), yang mulai kebanjiran order.

Tingginya kebutuhan masyarakat untuk nyekar, ternyata bertolak belakang dengan jumlah stok bunga di pasaran. Hal itupun akhirnya membuat harga bunga semakin meninggi. Kenaikannya bahkan hampir dua kali lipat dari harga normal.

Kenaikan harga kembang yang signifikan tersebut dirasakan langsung oleh para pembeli. Salah satunya Yuli, warga Desa Sentul Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. “Gak hanya sembako yang harganya naik. Kembang juga ikut naik,” ujar Yuli yang ditemui Tim Adakitanews.com saat membeli kembang di depan kompleks pertokoan di Pasar Citra Niaga Jombang, Jumat (19/05).

Tidak hanya pembeli, para pedagang juga mengaku mendapat imbas dari kondisi tersebut. Sumiarti, pedagang bunga asal Desa Dapur Kalikejabon yang mengaku sudah 8 tahun menggeluti pekerjaan sebagai penjual kembang di wilayah tersebut menjelaskan, kenaikan harga kembang bisa mencapai 3 kali lipat dibanding hari biasanya. Kenaikan itu menurutnya, terjadi sejak Minggu (14/05) lalu.

Kenaikan cukup signifikan terjadi pada bunga mawar yang pada hari biasa berkisar antara Rp 30 ribu per kilogram. Kemudian di waktu malam Jumat Legi menjadi Rp 75 ribu. Dan mendekati persiapan bulan puasa atau tradisi megengan, harganya naik lagi menjadi Rp 125 ribu perkilogram.

Menurutnya kenaikan harga itu diakibatkan melonjaknya orang yang berziarah atau nyekar pada waktu tradisi megengan. Namun tidak diimbangi dengan pasokan kembang yang ada di pasaran.

Ia juga menjelaskan, selain mawar, bunga lokal juga mengalami kenaikan. Seperti bunga kenanga, bunga melati, dan bunga pacar banyu yang sebelumnya rata-rata pada kisaran Rp 20 ribu – Rp 25 ribu menjadi Rp 35 ribu perkilogram.(ar)

Keterangan gambar: Suasana pasar kembang Citra Niaga Jombang.(foto:adi rosul)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/05/190517-ar-jombang-nyekar-2-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/05/190517-ar-jombang-nyekar-2-150x150.jpgREDAKSISpiritualadakitanews,Berita,bunga,jombang,kembang,nyekar,puasa,Ziarah
ADAKITANEWS, Jombang – Tradisi ziarah ke makam leluhur menjelang bulan ramadan atau yang sering disebut dengan istilah “nyekar”, hingga saat ini masih sering dilakukan masyarakat. Momentum itupun menjadi rezeki tersendiri bagi para penjual bunga, seperti di Pasar Citra Niaga Jombang (Pasar Legi), yang mulai kebanjiran order. Tingginya kebutuhan masyarakat untuk...