20160907_105634ADAKITANEWS, Kota Kediri – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Kediri melaunching aplikasi Transinfo Kota Kediri, Rabu 07/09). Masyarakat sudah bisa memantau kondisi jalanan di Kota Kediri hanya dari handphone android mereka.

Launching aplikasi yang secara langsung dilakukan oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar dengan dihadiri oleh Kapolresta, Kepala BNNK, Kepala Bank BI, sopir angkot dan sejumlah pelajar di Kota Kediri ini dilakukan di kawasan Terminal Tamanan Kota Kediri. Pasalnya, selain aplikasi transinfo Dishubkominfo juga melaunching 3 bus gratis guna mengantar berangkat dan pulang para pelajar serta Mahasiswa ketempatnya belajar.

M Ferry Djatmiko Kepala Dishubkominfo Kota Kediri mengungkapkan, transinfo merupakan aplikasi yang bisa di download melalui aplikasi Playstore dengan gratif. Fungsinya, dengan sudah dipasang Closed Circuit Television (CCTV) di 10 titik persimpangan, masyarakat bisa lebih dulu memantau kondisi jalan.

“Masyarakat bisa melihat, kalau mau melewati jalan itu apakah macet atau tidak. Sehingga, mereka bisa menghindari kemacetan itu,” jelas Ferry Djatmiko

Pihak Dishubkominfo sendiri sudah menyediakan ruangan khusus guna mengoperasikan aplikasi tersebut selama 24 jam. Ferry Djatmiko menyarankan agar masyarakat khususnya warga Kota Kediri untuk mendownload aplikasi tersebut.

“Ini demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Target kami, dengan aplikasi ini bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan di jalan,” urainya

Mas Abu sapaan akrab Walikota sangat mengapresiasi dengan adanya terobosan baru tersebut. Ia mengatakan, melihat sendiri bagaimana kerja keras Kepala Dishubkominfo guna menyempurnakan aplikasi tersebut.

20160907_112357“Saya lihat bagaimana pak Ferry (Kepala Dishubkominfo,red) harus bolak balik untuk menyempurnakan aplikasi transinfo ini. Sekarang kita semua sudah bisa menikmatinya, melihat Kota Kediri hanya dari tangan kita semua,” kata Mas Abu usai melihat ruangan pengoperasian aplikasi Transinfo Kota Kediri.

Selain itu, ruangan Pusat Pengendali Terpadu atau Area Traffic Control System (ATCS) juga berfungsi untuk mengatur waktu sinyal di persimpangan. Dalam keadaan tertentu, memberikan sinyal hijau kepada kendaraan prioritas seperti pemadam kebakaran, ambulan maupun konvoi.

ATCS tersebut sudah ada di 10 titik persimpangan, yakni Jetis, Alun-Alun, Bandar Ngalim, Muning, Tamanan, Sukorame, Kawi, Iskandar Muda, Mrican, Semampir. Sementara, CCTV lainnya ada di 5 titik persimpangan yakni Bence, Sumber Jiput, Jalan Erlangga, Ringin Sirah, dan Dhoho.(Zay)

 

Keterangan Gambar : Peresmian Bus sekolah gratis dan aplikasi transinfo oleh Walikota Kediri. serta Ruangan ATCS.(foto: Zayyin)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/09/20160907_105634-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/09/20160907_105634-150x150.jpgRedaksiDaerahaplikasi transinfo kota kediri,dishubkominfo,kota kediri
ADAKITANEWS, Kota Kediri - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Kediri melaunching aplikasi Transinfo Kota Kediri, Rabu 07/09). Masyarakat sudah bisa memantau kondisi jalanan di Kota Kediri hanya dari handphone android mereka. Launching aplikasi yang secara langsung dilakukan oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar dengan dihadiri oleh Kapolresta, Kepala...