Tutup Tahun Ala Pemuda Desa Manyaran

986

ADAKITANEWS, Kediri – Menjelang tutup tahun 2016, belasan pemuda yang mengatasnamakan Ikatan Pemuda-Pemudi RW 01 (IPP RW 01) Karya Muda Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri mengadakan Bakti Sosial di lingkungan mereka. Tujuannya, untuk menciptakan suasana desa yang bersih dan indah, sehingga layak dipandang mata, Sabtu (31/12) pagi.

Sekitar 20-an pemuda tersebut terlihat sudah berkumpul di sisi jalan utama desa, tepat pukul 08.30 WIB. Berbekal sabit, cangkul, sapu lidi, hingga cikrak, mereka membersihkan sisa-sisa sampah yang ada. Kegiatan desa bersih tersebut sengaja dilaksanakan, pasalnya sudah jarang masyarakat yang peduli terhadap kebersihan lingkungan hingga akhirnya terlihat kumuh dan kotor.

Ketua Organisasi Karya Muda IPP RW 01, Redi Laksono mengatakan kegiatan bersih-bersih lingkungan desa ini akan dijadikan rutinitas organisasi. “Saya sebagai Ketua Organisasi IPP RW 01 Karya Muda akan mengerahkan anggota saya untuk melakukan Bakti Sosial ini sesering mungkin agar warga sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan,” cakapnya.

Redi menambahkan, kedepannya organisasi yang dipimpinnya itu tidak hanya akan menggelar kegiatan bersih-bersih desa saja. Namun rencananya, para pemuda desa tersebut juga akan melakukan kegiatan sosial lain, terumatan di bidang kemanusiaan. “Kami juga akan melakukan kegiatan sosial yang lain terutama kemanusiaan,” imbuhnya.

Kegiatan yang diprakarsai para pemuda itupun langsung mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Kepala Dusun Manyarejo Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, M Zainuri Rangkuman Kegiatan tersebut ditegaskan oleh Kepala Dusun setempat M. Zainuri mengatakan, organisasi yang baru dibentuk sekitar dua bulan lalu itu dapat dijadikan contoh, agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan bersih, untuk kehidupan yang sehat. “Ini biar jadi contoh masyarakat untuk bisa hidup bersih dan sehat,” ujarnya.(kdr4)

Keterangan gambar : Kegiatan bersih desa oleh para pemuda IPP RW 01 Karya Muda Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.(ist)