ADAKITANEWS, Jombang – Antrean panjang masyarakat yang ingin mengurus data kependudukan terjadi di Kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Jombang. Kantor layanan ini setiap hari dipenuhi oleh para pemohon data kependudukan yang selalu membludak. Ironisnya, kondisi ini sudah berlangsung selama satu tahun terakhir.

Masyarakat harus rela antre dan berdesakan untuk bisa mendapatkan data kependudukan keluarga. Bahkan, untuk mendapatkan nomor antrian, para pemohon ini harus rela berangkat dini hari. Selain itu, mereka juga kerap harus bolak-balik dari rumah menuju kantor dinas setelah ditolak karena ada kekeliruan data.

Salah satu pemohon, Elsa Susanti, warga Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro yang rumahnya berjarak sekitar 30 menit dari kantor dinas mengatakan, dia harus rela berangkat pukul 03.00 WIB dini hari untuk bisa mengambil kartu antrean. Pasalnya, sehari sebelumnya, saat Elsa datang pukul 06.00 WIB ternyata nomor antrean sudah habis dulu. “Ya kecewa. Anak saya, saya tinggal di rumah sejak jam 03.00 WIB tadi. Ini saja belum mandi, belum masak juga,” kata Elsa, Rabu (25/05).

Sementara, Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Jombang, Hadi Purnama berdalih kondisi itu disebabkan karena pihaknya mengalami keterbatasan tenaga. Menurut rasio, dengan jumlah penduduk di Kabupaten Jombang yang mencapai 1,3 juta, harus ada 130 tenaga yang melayani. “Kalau kita lihat, kebutuhannya sangat kurang. Sudah saya sampaikan, harus ada kecukupan petugas pelayanan dibanding dengan rasio terhadap jumlah penduduk yang dilayani. Kemudian terkait dengan sarana prasarananya, gedung dan tata ruangnya. Kemudian yang ketiga terkait dengan prasarana dengan alat IT yang ada saat ini juga sangat kurang”, kata Hadi Purnama.

Diketahui, tenaga yang dimiliki di kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan hanya sekitar 60 pegawai. Apalagi, imbuh Hadi, saat ini pemerintah menargetkan bulan Oktober 2016 proses e-KTP sudah harus final. Hadi Purnama mengaku, sudah pernah mengajukan permintaan tambahan personel, namun sampai sekarang belum ada kepastian.(Tari/Jati)

Keterangan Gambar: Ratusan warga yang mengantre di loket layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jombang.

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/05/20160525_172431-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/05/20160525_172431-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,antrean,Berita,dinas catatan sipil dan kependudukan,jombang,pemkab jombang
ADAKITANEWS, Jombang – Antrean panjang masyarakat yang ingin mengurus data kependudukan terjadi di Kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Jombang. Kantor layanan ini setiap hari dipenuhi oleh para pemohon data kependudukan yang selalu membludak. Ironisnya, kondisi ini sudah berlangsung selama satu tahun terakhir. Masyarakat harus rela antre dan berdesakan...