ADAKITANEWS, Blitar – Tahun 2017 ini kepengurusan paspor untuk calon jemaah umrah harus melalui rekomendasi dari Kementerian Agama (Kemenag) di Kabupaten/Kota tempat berdomisili.

Hal itu disampaikan oleh Humas Kemenag Kabupaten Blitar, Jamis Mashadi saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com dikantornya, Senin (20/03). Menurutnya, ketentuan tersebut sudah sesuai dengan instruksi dari kantor imigrasi. “Tujuannya tentu untuk memberikan perlindungan kepada Warga Negara Indonesia yang ingin ke luar negeri, khususnya yang melaksanakan ibadah umrah dari tindakan penipuan,” kata Jamil.

Selain itu, lanjut Jamil, tujuan perlunya rekomendasi ini juga untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan paspor. “Ini tentunya dilatarbelakangi oleh banyaknya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) gelap memanfaatkan paspor visa untuk umrah, namun kenyataannya mereka bekerja disana” paparnya.

Jamil berharap, masyarakat memahami tujuan Pemerintah ini. Karena dikhawatirkan, ada oponi bahwa Pemerintah mempersulit kepengurusan paspor. “Kami tidak mempersulit masyarakat, tetapi proses ini memang dalam rangka melindungi masyarakat,” harap Jamil.

Pihaknya mengapresiasi biro yang ada di Kabupaten Blitar yang sudah amanah dalam menjalankan kerjanya. “Meskipun para biro haji sudah baik dalam kerjanya, namun tidak ada jeleknya program ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.(blt2)

Keterangan gambar: Jamul Mashadi, Humas Kemenag Kabupaten Blitar.
(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170320_163055-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170320_163055-150x150.jpgREDAKSISpiritualadakitanews,Berita,blitar,umrah
ADAKITANEWS, Blitar - Tahun 2017 ini kepengurusan paspor untuk calon jemaah umrah harus melalui rekomendasi dari Kementerian Agama (Kemenag) di Kabupaten/Kota tempat berdomisili. Hal itu disampaikan oleh Humas Kemenag Kabupaten Blitar, Jamis Mashadi saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com dikantornya, Senin (20/03). Menurutnya, ketentuan tersebut sudah sesuai dengan instruksi dari kantor imigrasi....