ADAKITANEWS, Kota Blitar – Seluruh sekolah tingkat SMA/SMK di Kota Blitar sedang melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), sejak Senin (20/03) hingga Rabu (22/03) mendatang. Dari total 25 lembaga yang melaksanakan USBN, beberapa diantaranya ternyata masih menggunakan kertas atau Paper Based Test (PBT), salah satunya SMKN 2 Kota Blitar.

Kepala SMKN 2 Kota Blitar, Drs Yulianto saat ditemui wartawan mengatakan, kebijakan menggunakan kertas dalam USBN salah satunya dimaksudkan untuk pemerataan tugas guru. “Kalau UNBK kan hanya 6 orang guru, itu pun khusus. Kalau USBN ini kita pakai kertas jadi biar ada pemerataan tugas jelang UNBK,” kata dia, Senin (20/03)

Lanjut Yuli, sapaan akrabnya, penggunaan PBT dalam pelaksanaan USBN tidak mengurangi mental siswa jelang UNBK pada April mendatang. “Kalau mental siswa tidak masalah, karena kita sudah lakukan beberapa simulasi sehingga siswa sudah siap untuk UNBK,” jelas Yuli kepada wartawan di Jalan Tanjung Kota Blitar

Di tempat terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, wilayah Kabupaten dan Kota Blitar, Suhartono menyatakan bahwa tidak mempermasalahkan adanya lembaga di wilayahnya yang masih menggunakan kertas dalam melaksanakan USBN. Walaupun disisi lain ada imbauan dari Pemprov Jatim untuk tetap menggunakan komputer dalam mengikuti USBN. “Sebenarnya ada imbauan untuk menggunakan komputer, tapi masih ada kelonggaran dan itu tergantung dari kebijakan tiap lembaga,” katanya.

Menurut Suhartono, penggunaan komputer dalam pelaksanaan ujian sekolah dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk pembelajaran bagi para siswa jelang UNBK mendatang. “Harusnya bisa digunakan untuk menambah mental siswanya biar tidak canggung ketika menghadapi UNBK mendatang. Namun, karena memang ada kelonggaran jadi itu tidak masalah. Para siswa tadi juga banyak yang lebih setuju pakai komputer ketimbang kertas,” tuturnya.

Sementara berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan, pelaksanaan USBN baik di Kota maupun di Kabupaten Blitar berjalan lancar.(blt1)

Keterangan gambar : Suasana USBN di SMKN 2 Kota Blitar yang masih berbasis kertas.(foto: glorian)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170320_205652-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170320_205652-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,blitar,sma,smk,ujian sekolah,unbk
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Seluruh sekolah tingkat SMA/SMK di Kota Blitar sedang melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), sejak Senin (20/03) hingga Rabu (22/03) mendatang. Dari total 25 lembaga yang melaksanakan USBN, beberapa diantaranya ternyata masih menggunakan kertas atau Paper Based Test (PBT), salah satunya SMKN 2 Kota Blitar. Kepala...