Wabup Pimpin Agenda Tahunan Siraman Sedudo 2017

453

ADAKITANEWS, Nganjuk – Ribuan warga tampak memadati area wisata Air Terjun Sedudo Ngliman di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Kamis (05/10). Mereka datang untuk mengikuti agenda tahunan prosesi ritual siraman, yang selalu dilaksanakan setiap bulan Suro dalam penanggalan Jawa.

Wakil Bupati Nganjuk, KH Abdul Wachid Badrus yang memimpin jalannya acara mengatakan, ritual siraman di kawasan wisata Air Terjun Sedudo merupakan salah satu ion wisata di Kabupaten Nganjuk, sekaligus merupakan sebuah tradisi yang harus dipertahankan.

“Prosesi siraman ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah dalam rangka nguri-nguri budaya Jawi (melestarikan budaya Jawa),” ujarnya.

Agenda tahunan ritual siraman tersebut, diketahui merupakan salah satu acara yang paling ditunggu masyarakat. Selain berisi dengan berbagai ritual sakral, siraman di Air Terjun Sedudo juga menjadi daya tarik wisata tersendiri lantaran menampilkan berbagai budaya di Kabupaten Nganjuk.

Acara diawali dengan masuknya iring-iringan belasan gadis cantik penari Bedhayan yang membawa klenthing (benda menyerupai kendi). Alunan bunyi gamelan yang terus dimainkan sepanjang acara, juga semakin menambah suasana sakral.

Prosesi dimulai dengan diserahkannya klenthing dari Wakil Bupati Nganjuk kepada sepuluh gadis cantik berpakaian adat Jawa, yang dikawal lima orang pemuda tampan dan gagah. Mereka, kemudian mengambil air dari gerojokan sedudo. Air tersebut, nantinya akan dipakai untuk jamasan atau memandikan pusaka Kabupaten Nganjuk.

Cucuk Lampah (pemandu jalan), kemudian memandu rombongan yang terdiri dari para sesepuh diikuti jajaran Forkopimda melakukan tabur bunga tepat di tengah obyek wisata Air Terjun Sedudo.

Setelah agenda pengambilan air atau Amek Tirta selesai, ribuan warga langsung berhamburan masuk dan mandi di kawasan air terjun. Mereka meyakini, dengan mandi menggunakan air tersebut bisa membuat awet muda serta mendapat berkah.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Acara Siraman Sedudo 2017.(dok Humas Pemkab Nganjuk)