ADAKITANEWS, Kota Blitar – Para siswa tingkat SMP di Kota Blitar akhirnya bisa menerima sepeda gratis dari Pemkot Blitar, setelah sebelumnya sempat tertunda beberapa kali.

Ditemui sebelum launching program sepeda gratis, Rabu (06/12), Walikota Blitar, Samanhudi Anwar mengatakan pemberian sepeda gratis ini hanya untuk siswa tingkat SMP dan belum keseluruhannya. Untuk kali ini, ia mengaku masih melaunching sekitar 4.400 sepeda gratis.

“Ya jadi kita masih kurang sekitar 1.300 sepeda. Tapi kekurangan sepeda ini sudah dianggarkan di tahun 2018. Saya optimis kelas 1, 2, dan 3 sudah tidak ada masalah,” ungkap Samanhudi.

Orang nomor satu di Kota Blitar ini juga menegaskan, untuk siswa SMP di Kota Blitar wajib memakai sepeda, baik siswa dari dalam maupun luar Kota Blitar. Karena menurutnya, Kota Blitar merupakan Kota layak huni, layak anak, dan Kota Blitar harus bebas polusi agar anak-anak di Kota Blitar bisa sehat.

“Kalau sampai 3 kali tertangkap tidak memakai sepeda, maka saya akan keluarkan dari sekolah. Karena faktanya kita melihat tulang anak zaman dulu lebih bagus dari anak sekarang. Sebab anak dulu itu banyak olahraga, dan anak sekarang kurang olahraga,” tandasnya.

Lebih lanjut Samanhudi menjelaskan, pemberian sepeda gratis ini sifatnya sementara atau pinjam pakai. Baru nanti kalau sudah 3 tahun akan diberikan secara gratis. Kalau untuk saat ini sementara belum diberikan karena belum 3 tahun. “Aturannya seperti itu, sekarang sementara pinjam pakai. Alhamdulillah untuk program ini tidak ada satu pun walimurid yang tidak setuju,” pungkasnya.

Samanhudi juga menjelaskan, siswa dari luar kota bisa memakai sepeda dari perbatasan. Dan untuk pulang pergi, dijemput di perbatasan oleh orang tuanya. Hal ini, untuk menunjukkan tidak adanya diskriminasi antar siswa.

“Nanti akan ada operasi dari Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan tiap hari. Saya minta kesadaran walimurid maupun lainnya untuk mendukung program bersepeda ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, M Sidik mengatakan, di Kota Blitar ada sekitar 6 ribu siswa SMP. Program ini merupakan bagian tak terpisahkan dari penguatan pendidikan berkarakter. “Ada 3 item yang harus dilakukan, yaitu olahroso, olahrogo, dan olah pikir. Lha untuk program ini merupakan olahrogo, agar siswa menjadi sehat,” ujar Sidik.

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan, untuk program pemberian sepeda gratis ini pihaknya sudah menyiapkan untuk jalur yang bisa dimanfaatkan pelajar di Kota Blitar. Menurutnya, dalam hal ini pihaknya bersifat membantu tugas dari kepolisian, untuk pengaturan lalu lintas yang akan dilalui siswa yang mendapat sepeda.

“Agar tidak terjadi penumpukan, kita sudah menyiapkan teknisnya dan disetujui Pak Wali. Untuk hari Senin, Selasa, Rabu yang wajib memakai sepeda siswa SMP 4, SMP 7, SMP 3, SMP 10, dan SMP 9. Sedangkan Kamis dan Jumat, SMP 1, SMP 2, SMP 6, SMP 5, dan SMP 8,” terang Priyo.(fat)

Keterangan gambar: Walikota Blitar saat melaunching sepeda gratis.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/061217-fat-blitar-sepeda-gratis-3-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/061217-fat-blitar-sepeda-gratis-3-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,blitar,pemkot blitar,sepeda gratis
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Para siswa tingkat SMP di Kota Blitar akhirnya bisa menerima sepeda gratis dari Pemkot Blitar, setelah sebelumnya sempat tertunda beberapa kali. Ditemui sebelum launching program sepeda gratis, Rabu (06/12), Walikota Blitar, Samanhudi Anwar mengatakan pemberian sepeda gratis ini hanya untuk siswa tingkat SMP dan belum keseluruhannya....