DSC_0505
@dakitanews Kendari. Sulut
– Pusat Aduan dan Informasi Masyarakat (PUAS) Bertakwa Kota Kendari diresmikan oleh Wakil Wali Kota Kendari H. Musadar Mappasomba di hotel Grand Clarion Kendari, Senin, (20/10). Dengan program ini, masyarakat kota Kendari bisa mengirim pengaduan terkait layanan publik melalui jaringan online yang tersedia.

PUAS BERTAKWA merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Kota Kendari dengan Bandung Trust Advisory Group (B_Trust), dan Uni Eropa dalam program “Peningkatan efisiensi, Transparansi, dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Melalui Pembentukan Sostem Penangan Pengaduan Masyarakat”. Acara ini dihadiri oleh Direktur senior B_Trust Ir. Siswanda, Yuyuk komariah sebagai Deputy Direktur B_Trust, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulawesi Tenggara, para Kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), Musyarawah Pimpinan Daerah (MUSPIDA), tokoh-tokoh masyarakat dan media massa.

Dalam sambutannya Direktur seniur B_Trust mengatakan PUAS BERTAKWA kota Kendari ini merupakan sistem yang dibangun untuk menangani setap pengaduan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah Kota Kendari. Melalui PUAS BERTAKWA, diharapakan penanganan pengaduan masyarakat menjadi semakin efektif dan terkoordinasi sehingga meningkatkan kualitas pelayanan publik yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

Siswanda juga mengatakan bahwa pembentukan PUAS BERTAKWA, melalui berbagai proses kajian, baik Focus Group Discusion (FGD), konsultasi, lokakarya, pelatihan, bahkan studi banding ke daerah yang terlebih dahulu menerapkan sistem penanganan pengaduan. “Proses yang panjang ini ditujukan agar desain organisasi dan sistem PUAS BERTAKWA benar-benar dapat diterapkan dan berjalan dengan efektif guna menunjang pelayanan publik yang lebih maksimal. Ini merupakan cita-cita reformasi birokrasi yang akan meningkatkan kemajuan kota Kendari.” ungap Siswanda.

Pemerintah Kota Kendari sangat bangga bisa mempersembahkan PUAS BERTAKWA kepada masyarakat Kota Kendari. Dengan diresmikannya lembaga yang menangani pengaduan masyarakat dan informasi ini sejalan dengan komi Pemerintah Kota Kendari sangat bangga bisa mempersembahkan PUAS BERTAKWA kepada masyarakat Kota Kendari.

“Saya juga berharap, terobosan ini dapat diikuti oleh seluruh SKPD di lingkungan Kota Kendari”, ungkap Wakil Wali Kota Kendari H. Musadar Mappasomba.

Wakil Wali Kota mengatakan, untuk mengakses, SMS layanan PUAS BERTAKWA di nomor 08114097400 dan website pengaduan masyarakat yang dapat diakses masyarakat di alamat www.puasbertakwa.kendarikota.go.id. Seluruh masyarakat Kota Kendari dapat memakai akses yang disediakan untuk menyampaikan pengaduannya. Pada akhir acara Wakil Wali Kota secara simbolis menuliskan pengaduan pertama di website sebagai tanda mulai beroperasinya PUAS BERTAKWA.

Program Pendampingan yang dilaksanakan oleh B_Trust dengan dukungan dana dari Uni Eropa untuk meningkatkan good governance dengan penyelenggaraan Pelayanan Publik melalui sistem penanganan pengaduan masyarakat. Sedangkan tujuan khusus yang ingin dicapai yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik melaui pembentukan Unit Layanan Penanganan Pengaduan yang terpusat, penggunaan sistem pengaduan secara elektronik serta penanganan pengaduan yang efektif. Program pendampingan yang dimulai sejak bulan Januari 2013 sampai dengan Desember 2014 ini dilakuan di 7 daerah, yaitu Kabupaten Bulungan, Kota Kupang, Kabupaten Rotendao, Kabupaten Wakatobi, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Jawa Barat.

Khusus di Kendari, pelaksanaan program dibagi menjadi 2 bagian, yakni pada tahap pertama dilaksanakan pada bulan Januari-Desember 2013 untuk pembentukan Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (ULP). Sedangkan pada tahap kedua yang dilaksanakan pada bulan Januari-Desember 2014, difokuskan pada pedifokuskan pada pembentukan sistem Penanganan Pengaduan Masyarakat (Complaint Handling Sistem). (alex).

Keterangan Gambar : peresmian PUAS BERTAKWA

RedaksiPolitik
@dakitanews Kendari. Sulut - Pusat Aduan dan Informasi Masyarakat (PUAS) Bertakwa Kota Kendari diresmikan oleh Wakil Wali Kota Kendari H. Musadar Mappasomba di hotel Grand Clarion Kendari, Senin, (20/10). Dengan program ini, masyarakat kota Kendari bisa mengirim pengaduan terkait layanan publik melalui jaringan online yang tersedia. PUAS BERTAKWA merupakan hasil...