warga protes pembangunan Embung@dakitanews Bojonegoro – Puluhan Warga Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro,  nekad menghadang truck pengangkut material tanah dari lokasi pembuatan embung di desa setempat.  Aksi tersebut dilakukan sebagai pelampiasan kekecewaan warga atas ulah pihak kepala Desa, Wiwik, dan pihak Kontraktor pelaksana Proyek pembuatan embung.

Warga menilai kedua pihak itu tidak pernah melakukan sosialisasi dan musyawarah desa bersama pihak warga dan lembaga desa yang lain. Hal ini menimbulkan kekecewaan dan kegeraman warga yang merasa disepelekan.

Warga yang berjumlah sekitar dua puluh orang ini sengaja berdiri di tengah jalan yang dilalui oleh kendaraan pengangkut tanah hasil pengerukan dari proyek embung. Sikap warga ini, dikarenakan sejak beberapa kali dilakukan protes terhadap pihak Desa namun sampai saat ini tidak ada tindakan apapun. Pihak desa juga menolak musyawarah dengan masyarakat, seperti yang di sampaikan oleh Ketua BPD Sukosewu, Lutfi Rosadi.

“Kami merasa sangat kecewa dan gerah atas sikap Kepala Desa dan pihak kontraktor, yang tidak pernah memenuhi keinginan kami agar ada keterbukaan dari pelaksanaan proyek tersebut. Bahkan kami BPD tidak pernah diajak bicara,” Kata Lutfi Rosadi pada @dakitanews.com, Minggu, (19/10/14).

Dijelaskan oleh Lutfi, bahwa pembangunan embung di desa mereka dianggap merugikan masyarakat. Mereka menganggap embung yang ada saja tidak dapat difungsikan dan jika dibangun embung lagi, akan merugikan masyarakat dan Desa. Oleh karenanya tanah seluas 100 M3 x 40 M3 seharusnya bisa memberikan penghasilan pada desa dengan disewakan kepada masyarakat dan bisa menyumbang pendapatan kepada Desa.

“Warga tetap menuntut keterbukaan dan meminta proyek pembuatan embung agar dihentikan, karena intinya kami tidak setuju,” tambah Lutfi.

Warga bertekad akan memblokir jalan yang dialui oleh kendaraan pengangkut tanah selama pihak Desa dan juga kontraktor tidak mau menuruti keinginan warga. (SR/Jati)

Keterangan Gambar : Kerumunan warga Desa Sukosewu yang memblokir jalan menghadang kendaraan pengangkut tanah keruk embung

RedaksiDaerahdemo warga,embung sukosewu
@dakitanews Bojonegoro - Puluhan Warga Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro,  nekad menghadang truck pengangkut material tanah dari lokasi pembuatan embung di desa setempat.  Aksi tersebut dilakukan sebagai pelampiasan kekecewaan warga atas ulah pihak kepala Desa, Wiwik, dan pihak Kontraktor pelaksana Proyek pembuatan embung. Warga menilai kedua pihak itu tidak pernah melakukan...