adakita@dakitanews Jombang – Abdurrahman Wahid ,20, warga Desa Plandi Kecamatan Jombang Kota yang mengaku sebagai wartawan salah satu stasiun televisi swasta ditangkap Satrekrim Polres Jombang, Sabtu (27/9). Pasal dia diduga sebagai pelaku penyebaran isu penculikan dan pembunuhan anak kecil yang mengatasnamakan Polres Jombang.

Modus penyebaran isu tersebut dilakukan melalui situs jejaring sosial Facebook. Isu tersebut berisi tentang himbauan kepada masyarakat agar lebih waspada karena telah ada penculikan dan pemenggalan kepala balita di Dusun Petengan Desa Tambakberas Kecamatan Tembelang Jombang.

Isu itu membuat puluhan facebooker ikut berkicau di akun facebooknya. Dalam hal ini, Wahid selalu meyakinkan semua orang bahwa isu itu memang benar-benar terjadi dengan mengaku bahwa pelaku adalah seorang wartawan yang telah melakukan investigasi dan mengantongi data.Sehingga memunculkan keresahan masyarakat yang mempunyai anak kecil.

Karena banyak mendapat laporan dari masyarakat tentang isu tersebut, akhirnya Polres Jombang melakukan penyelidikan. Alhasil, petugas mendapat informasi bahwa penyebar yang mengatasnamakan Polres Jombang itu adalah wartawan, petugas pun menangkap pelaku beserta barang bukti yakni lembaran fotocopi akun facebook pelaku dengan beberapa komentar dari pengguna facebook lain.

AKP Lely Bachtiyar Kasubag Humas Polres Jombang mengatakan bahwa modus pelaku yakni menyakinkan dan membenarkan isu tersebut melalui media facebook. Dan mengaku sebagai wartawan salah satu stasiun televisi swasta.

“Isu itu disebarkan pelaku tanggal 23 (September- Red) dan meyakinkan akun lain pada tanggal 25.Sementara isunya sudah kami klarifikasi di masyarakat bahwa tidak benar, jika benar, itu daerahnya beda. Jadi itu berita bohong belaka. Karena adanya isu ini banyak masyarakat yang resah, apalagi yang punya anak kecil. Atas perbuatannya pelaku kita jerat dengan pasal 28 ayat 1 junto pasal 45 ayat 1 UU RI no 11 tahun 2008 tentang I-T-E dengan ancaman hukuman enam tahun penjara,” jelas AKP Lely.(hanif/tya)

Keterangan Gambar : Pelaku penyebar isu penculikan saat diamankan Polres Jombang

RedaksiHukum Kriminalwartawan; penculikan anak
@dakitanews Jombang – Abdurrahman Wahid ,20, warga Desa Plandi Kecamatan Jombang Kota yang mengaku sebagai wartawan salah satu stasiun televisi swasta ditangkap Satrekrim Polres Jombang, Sabtu (27/9). Pasal dia diduga sebagai pelaku penyebaran isu penculikan dan pembunuhan anak kecil yang mengatasnamakan Polres Jombang. Modus penyebaran isu tersebut dilakukan melalui situs jejaring...