Wisata Pemancingan Baru di Sumber Jiput

3461

2015-11-07_22.27.13ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kota Kediri memiliki wisata pemancingan baru, di Sumber Jiput Ngasinan Kelurahan Rejomulyo Kota Kediri. Sumber Jiput yang biasa hanya menjadi tempat ngopi, sekarang dirubah menjadi kolam pemancingan.

Pelestarian sumber air Sumber Jiput oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air yang dilaksanakan melalu CV. Mediatama ini menghabiskan APBN Rp. 1.400.300.000. Sekitar 18 hari, Sumber Jiput dirubah dari hanya kolam kecil yang dipenuhi pepohonan besar menjadi kolam besar tanpa menghilangkan kolam kecilnya.

2015-11-07_22.27.47Akhirnya, renovasi Sumber Jiput dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memancing. Selain hanya mengeluarkan biaya untuk parkir, mereka juga bisa membawa pulang ikan-ikan kecil disana.

“Karena isinya hanya ikan seperti bader, dan juga wader tidak apa-apa mas. Yang penting bisa mengisi kegiatan, lumayan cuma 2 ribu rupiah untuk parkir saja,” ujar Prapto warga sekitar Sumber Jiput.

Aziz bersama teman-temannya memanfaatkan wisata Sumber Jiput untuk diskusi dan juga minum kopi. Tempat yang strategis, jauh dari keramaian Kota Kediri, menurut Aziz tempat tersebut sangat tepat.

2015-11-07_22.28.12“Minimal seminggu sekali kita datang kesini. Mulai hanya sekedar ngobrolin yang tidak bermutu, sampai tugas-tugas kuliah kita bawa kesini,” ujar salah satu mahasiswa STAIN Kediri.

Sementara Zulva salah satu teman Aziz berharap, renovasi Sumber Jiput yang menghabiskan uang masyarakat milyaran rupiah tidak hanya menjadi tempat pemancingan. Menurutnya, akan lebih baik tempat tersebut digunakan tempat yang lebih bermanfaat.

“Kemarin (sebelum direnovasi-red) semua tempat bisa digunakan kumpul-kumpul karena masih banyak pohon besarnya. La sekarang kan kita harus cari-cari tempat yang layak. Kalau bisa jangan hanya kolamnya saja, tapi juga pohon-pohonnya,” terang Zulva.(fr/zay)

Keterangan Gambar : Kolam-kolam di sumber jiput yang dimanfaatkan untuk memancing warga sekitar.