ADAKITANEWS, Kota Madiun – Dinas Pendidikan Kota Madiun dan pihak sekolah khususnya tingkat SMP benar-benar serius dalam mempersiapkan Ujian Nasional (UNAS) tahun 2017 mendatang. Dinas Pendidikan Kota Madiun bahkan mengaku sudah menyediakan 1.064 unit komputer baru untuk dipakai dalam pelaksaan UNAS.

Dalam wawancaranya dengan Tim Adakitanews.com, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Madiun, Heri Wasana mengatakan, ada 14 SMP Negeri di Kota Madiun yang rencananya bakal menyelenggarakan UNAS berbasis komputer. “Karena SMA sudah menjadi kewenangan Provinsi, maka Dinas hanya berkonsentrasi untuk UNAS SD dan SMP. Untuk UNAS SMP ada dua macam ujian yaitu komputer dan peperlis. Sementara SD murni paperlis semua dan khusus SMP Negeri, dari SMPN 1 sampai 14 semua berbasis komputer. Sedang swasta masih ujian paperlis,” kata Heri, Rabu (14/12).

Berkaitan dengan rencana UNAS berbasis komputer untuk SMP, pihak Dinas Pendidikan sudah melakukan pengadaan unit komputer yang pengajuannya lewat pihak sekolah. “Komputer baru yang dibeli sebanyak 1.064 unit untuk seluruh sekolah negeri dan biayanya diambilkan dari APBD Kota Madiun tahun 2016,” urai Heri.

Tapi berdasarkan kalkulasi, lanjut Heri, hitungan jumlah siswa yang terdaftar di DNS (Data Nominasi Sementara) ada sekitar 3.569 siswa. “Ini hanya sepertiganya. Sehingga nantinya untuk pelaksanaan UNAS melalui tiga tahapan. Untuk teknis pelaksanaannya akan dirapatkan antara Dinas Pendidikan dengan pihak sekolah. Sedangkan yang berkaitan dengan sistem paperlis akan tetap dilaksanakan secara serentak sesuai jadwalnya,” jelentreh Heri.

Heri mengatakan, pihak Dinas Pendidikan juga masih menunggu petunjuk teknis serta petunjuk pelaksanaan dari Kementerian Pendidikan Nasional lewat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Sementara saat ditanyakan apakah unit komputer baru itu sudah siap, Heri mengatakan bahwa unit tersebut sudah diuji fungsi oleh tenaga ahli dan tidak ada kendala sama sekali. “Kota Madiun sudah sangat siap untuk menghadapi UNAS tahun 2017 mendatang,” pungkas Heri.(BODIES)

Keterangan gambar: Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Madiun, Heri Wasana.(ist)