ADAKITANEWS, Blitar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan 12 Partai Politik (Parpol) yang bakal melaju ke tahap verifikasi faktual dari 14 Parpol kloter pertama yang masuk tahap penelitian administrasi. Namun di Kabupaten Blitar, dipastikan hanya 10 Parpol yang lolos verifikasi.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan, Lukman Hakim mengatakan, meski KPU RI telah mengumumkan sebanyak 12 Partai Politik yang lolos ke tahap verifikasi faktual, namun untuk di Kabupaten Blitar hanya ada 10 Partai Politik yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan bakal mengikuti verifikasi faktual.

“10 parpol ini diantaranya adalah PAN, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Hanura, PKS, Partai Nasdem, PPP, dan Partai Persatuan Indonesia,” jelas Lukman, Senin (18/12).

Menurut Lukman, 10 partai politik yang lolos verifikasi administrasi ini┬ánantinya bakal melanjutkan proses verifikasi faktual yang dimulai pada tanggal 15 Desember 2017 sampai 5 Januari 2018. “Ada satu partai di Kabupaten Blitar yang belum lolos verifikasi administrasi, yakni PKPI yang saat ini dalam masa pendaftaran dan masuk perbaikan,” pungkasnya.

Lukman menegaskan, untuk PKPI saat ini juga masih dalam tahap penelitian administrasi. Dan menurutnya, yang berwenang meloloskan atau tidak nantinya adalah pihak KPU RI. “Saat ini PKPI dan PBB masih dalam masa penelitian administrasi (litmin) dan berakhir sampai tanggal 22 Desember 2017. Hasil penelitian akan diserahkan 1 hari setelah tanggal berakhirnya penelitian,” tegasnya..

Untuk diketahui, sesuai dengan hasil verifikasi berkas, sebelumnya KPU Kabupaten Blitar telah menetapkan 11 Parpol peserta Pemilu 2019 dan berhak mengikuti tahap verifikasi administrasi.(fat/wir)

Keterangan gambar: Lukmas Hakim, Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan.(foto : fathan)