100 Peserta Seleksi PPS di Jombang Absen

917

ADAKITANEWS, Jombang – Tahapan tes tulis Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilaksanakan serentak, Senin (30/10). Termasuk peserta PPS di Kabupaten Jombang yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Merdeka Jombang. Sayangnya dari ribuan peserta yang mendaftar, ada seratus peserta yang memilih absen dan tidak mengikuti tahapan tersebut.

Data yang dihimpun Tim Adakitanews.com, tes tulis yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri 1.849 peserta. Dari ribuan peserta yang menghadiri tahapan seleksi tersebut, menurut Anggota Komisioner KPU Jombang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi, M Fatoni, terdapat 100 peserta yang memilih untuk tidak mengikuti tes tulis.

”Jadi, yang daftar ada sekitar 1.949 peserta. Namun yang hadir kemarin ada 1.849,’’ ujar M Fatoni saat diwawancarai.

Dari pantauan di lokasi ujian tes tulis, dengan banyaknya antusias masyarakat yang mengikuti tahapan untuk menjadi anggota PPS, mengakibatkan para peserta sampai menggunakan bangku tribun yang ada di dalam ruangan GOR Merdeka Jombang. Meski terlihat sesak hingga ke atas tribun, tetapi secara keseluruhan kegiatan tes tampak berjalan kondusif dan lancar.

Dalam tes tulis tersebut, M Fatoni mengatakan bahwa para peserta hanya diberikan tantangan menjawab 25 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Jenis soal yang diberikan juga tidak terlalu sulit, hanya seputar tugas pokok dan fungsi PPS dalam penyelenggaraan pemilu serta pengetahuan lokal seputar pemerintahan di Kabupaten Jombang.

”Mudah kok soalnya, misalnya ada soal terkait berapa jumlah desa/kelurahan di kabupaten Jombang, seperti itu. 25 soal itu, kami beri waktu sekitar 45 menit,’’ tandasnya.

Fatoni menambahkan, dari 1.849 peserta yang ikut tes. Pihaknya bakal mengambil 1.836 peserta untuk seleksi wawancara. ”Sesuai jadwal tes wawancara akan kami laksanakan pada tanggal 5 – 9 November. Kemudian pada 11 November akan kita umumkan hasil seleksi,’’ paparnya.

M Fatoni menyebutkan bahwa dari 1.836 peserta yang mengikuti seleksi wawancara, KPU Kabupaten Jombang bakal menjaring 918 peserta yang terbaik. “Setiap masing-masing desa dan kelurahan bakal ada tiga orang anggota PPS dari total 306 desa dan kelurahan,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Tampak peserta saling memadati GOR Merdeka Jombang untuk melakukan tes tulis PPS.(foto:adi rosul)