uang baruADAKITANEWS, Kediri – Menjelang Bulan Ramadhan dan Lebaran,  Bank Indonesia Cabang Kediri menyiapkan uang pecahan senilai 3,6 triliun rupiah. Penyedian uang baru ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai senilai 2,5 triliun rupiah.

Jumlah yang disiapkan oleh otoritas keuangan ini nantinya bakal dicetak dengan berbagai nominal pecahan rupiah. Penyedian uang tunai baru itu dicocokkan dengan potensi kebutuhan nominal warga masyarakat di Ex Karesiden Kedi dan Madiun.

“Seperti biasa menjelang lebaran masyarakat melakukan penukaran uang baru,” Ungkap Joko Raharto Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri.

Lebih lanjut Joko Raharto menjelaskan, guna menghindari calo, pihaknya bakal membatasi nominal uang yang ditukar. Tak hanya itu, ia juga menerapkan penukaran di beberapa bank yang ditunjuk dan loket perkantoran, agar antrian di Bank Indonesia tidak berjubel.

Sesuai rencana awal penukaran uang untuk masyarakat umum dilakukan pada hari Selasa dan Kamis. Sedangkan untuk penukaran melalui instansi Senin dan Rabu. Meskipun demikian untuk teknis hari dan tanggal bakal dibahas kembali oleh Tim Bank Indonesia.(Blot/Zay)

Keterangan Gambar : Ilustrasi Uang Baru