ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 13 Partai Politik (Parpol) akhirnya dipastikan lolos verifikasi faktual (verfak) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar. KPU juga telah resmi menyerahkan berita acara (BA) hasil verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah mengatakan, ada 13 partai politik yang sudah melakukan verifikasi faktual pada 30 Januari hingga 2 Februari 2018. Partai-partai tersebut diantaranya Nasdem, PDIP, Hanura, Gerindra, PAN, PPP, Golkar, PBB, PKPI, Demokrat, PKS, Perindo, dan Garuda.

Dari 13 Partai yang ada, 5 partai politik dinyatakan tidak lolos atau tidak memenuhi persyaratan (MS), yakni Nasdem, PKPI, Hanura, PBB, dan partai Garuda.

“Jadi 5 Parpol yang tak memenuhi syarat itu, akhirnya diberikan waktu selama 3 hari, mulai 3 – 5 Februari 2018 untuk memperbaikinya. Kemudian kita lakukan verifikasi faktual kembali,” kata Imron, Kamis (08/02).

Lebih lanjut Imron menjelaskan, setelah melakukan verifikasi faktual kembali terhadap 5 parpol tersebut, mulai dari mengecek syarat kepengurusan, keanggotaan, hingga domisili kantor, pihaknya langsung melakukan tahapan berikutnya, yakni rekapitulasi dan rapat pleno terbuka untuk memutuskan partai politik yang lolos verifikasi faktual.

“Tadi kita sudah plenokan dan hasilnya menyatakan kalau ke-13 Parpol itu dinyatakan lolos verifikasi faktual. Sehingga hasilnya ini akan kami kirimkan ke KPU Provinsi Jatim dan KPU pusat. Kemudian nanti untuk penetapan parpol peserta pemilu 2019 akan ditetapkan oleh KPU Pusat,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Rapat Pleno terbuka penyampaian Parpol lolos verifikasi faktual.(foto : fathan)