ADAKITANEWS, Blitar – Jumlah penderita HIV AIDS tidak bisa diketahui secara pasti. Karena banyak yang tidak mau melaporkannya ke Dinas Kesehatan dengan alasan takut dan malu. Bahkan setiap tahun, hampir pasti ada yang meninggal dunia.

Kasi Pengendalian Pemberantasan Penyakit Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar, Eko Wahyudi mengatakan, sesuai dengan data yang masuk di Dinas Kesehatan hingga September 2017, sudah ada 95 penderita penyakit HIV AIDS di Kabupaten Blitar.

“Sesuai dengan data yang kita punya, hingga September ada 95 penderita, 13 orang diantaranya meninggal dunia,” katanya, Sabtu (25/11).

Lebih lanjut Eko menjelaskan, rata-rata penderita yang meninggal dunia berusia 25 – 44 tahun, artinya mereka masuk dalam usia produktif. Sedangkan dari segi profesi penderita HIV AIDS paling banyak adalah mereka yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, wiraswasta, dan buruh kasar.

“Kalau penderita HIV AIDS di Kabupaten Blitar sendiri didominasi oleh laki-laki. Jika dihitung sejak tahun 2005 jumlah penderita HIV AIDS ada 1.192 penderita dan 357 penderita meninggal dunia,” paparnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Eko Wahyudi, Kasi Pengendalian Pemberantasan Penyakit Masalah Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar.(foto : fathan)