ADAKITANEWS, Kota Blitar – 14 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Blitar mengundurkan diri. Dari jumlah awal 119, kini tinggal 105 CHJ yang siap untuk melanjutkan proses berikutnya.

Kementerian Agama Kota Blitar melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Muslih menjelaskan, 14 CJH yang mengundurkan diri tersebut sebagian beralasan sakit serta ada yang meninggal dunia. “Sekarang tinggal 105 orang yang sudah proses pembuatan paspor. Kita juga berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas 2 Blitar,” kata Muslih, Kantor Kemenag, Jalan Ir Soekarno 11B Kota Blitar, Rabu (22/02).

Lanjut Muslih, dari 105 CJH asal Kota Blitar tersebut, diperkirakan akan ada tambahan CJH lagi dari kuota lansia maupun kuota tambahan.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Agama Pusat, di tahun 2017 ini, Kerajaan Arab Saudi telah menyetujui kesepakatan penambahan kuota jemaah haji dari Indonesia sebanyak 10.000 jemaah. “Jumlah itu kalau kita bagi se-Indonesia, kita (Kota Blitar,red) dapat jatah tambahan 7 orang lagi,” ungkapnya.

Kepada Tim Adakitanews.com, Muslih menambahkan, untuk kuota lansia Kota Blitar diperkirakan akan mendapat jatah 40 kursi. Meski demikian, Muslih mengaku belum ada keputusan resmi soal tambahan tersebut. “Secara resmi belum ada keputusan soal tambahan. Tapi kami diminta untuk mempersiapkan segitu,” tutupnya.(blt1)

Keterangan gambar : Logo Kementerian Agama.(google.com)