14 Tahanan Polres Blitar Dikembalikan ke Sel

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 14 tahanan yang sebelumnya dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II Blitar, kembali dibawa ke ruang tahanan Mapolres Blitar dengan menggunakan mobil tahanan, Rabu (03/05) pagi.

Keempat belas tahanan tersebut dipindahkan dari Lapas kelas II Blitar sekitar pukul 10.00 WIB, dan mendapatkan pengawalan ketat dari personel kepolisian, mulai dari Lapas kelas II Blitar yang ada di Kota Blitar, menuju ke Mapolres Blitar di Jalan Raya Talun Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan, empat belas tahanan tersebut akan kembali menempati ruang tahanan di Mapolres Blitar, setelah dilakukan perbaikan di ruang tahanan selama beberapa hari terakhir.

Sebelumnya ada 31 tahanan yang dititipkan di Lapas kelas II Blitar. Namun hanya empat belas tahanan yang kembali ke ruang tahanan Mapolres Blitar, karena tahanan ini masih harus menyelesaikan proses pemeriksaan di Mapolres Blitar. Sedangkan sisanya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan sehingga tidak dikembalikan ke Mapolres Blitar. “Ada empat belas tahanan yang dikembalikan ke ruang tahanan di Mapolres Blitar karena sisanya kasusnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan,” kata AKBP Slamet Waloya, Rabu (03/05).

AKBP Slamet Waloya mengungkapkan, pihaknya telah melakukan perbaikan di ruang tahanan meliputi menambahkan 10 CCTV, serta penguatan dinding serta jeruji tahanan.

Hal itu sesuai dengan arahan Kapolda Jawa Timur agar kasus tahanan kabur seperti yang terjadi di Kabupaten Malang beberapa waktu lalu tidak kembali terulang di daerah lain.

“Perbaikan ini sesuai arahan Kapolda Jatim. Selama tahanan dititipkan di Lapas telah dilakukan audit dan pengecekan ruang tahanan. Setelah itu dilakukan perbaikan di beberapa sisi serta penambahan CCTV untuk menghindari adanya tahanan yang kabur, serta memaksimalkan pemantauan melalui penjagaan yang maksimal,” tandasnya.(blt2)

Keterangan gambar: Proses pemindahan 14 tahanan ke Mapolres Blitar.(foto : fathan)

Recommended For You