ADAKITANEWS, Blitar – Bupati Blitar, Drs H Rijanto, MM mengatakan, selama ini di Kabupaten Blitar sudah memiliki 220 Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Namun yang tercatat aktif dan sehat serta memiliki prestasi baru 65 BUMDes. Sedangkan sisanya dinyatakan kurang sehat atau tidak aktif.

Dijelaskannya, untuk mengembangkan BUMDes, sebelumnya Kementerian Pedesaan telah menggandeng salah satu bank untuk melakukan pendampingan dan lain sebagainya. “Untuk di Kabupaten Blitar kita sudah resmi membuka pelaksanaan gathering bersama dengan Camat, Kades, dan OPD terkait lainnya untuk berdiskusi bersama agar bisa memajukan BUMDes,” papar Bupati, Jumat (18/08).

Selain itu, lanjut Bupati, ia juga meminta setiap pengelola BUMDes yang tidak aktif bisa melakukan study banding ke BUMDes yang pernah mendapat prestasi. “Mereka harus lebih rajin melakukan pembelajaran dari BUMDes yang sudah aktif,” tandasnya.

Rijanto menambahkan, dengan dilakukan pendampingan bersama Bank, kedepannya ia berharap agar seluruh sektor seperti sektor pariwisata dan lain sebagainya bisa dikelola lebih baik lagi. “Semoga seluruh sektor yang ada bisa berkembang, karena kita sudah ada kerja sama yang baik,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Drs H Rijanto, MM, Bupati Blitar.(foto : fathan)