ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar memutasi sebanyak 156 Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari eselon II A, II B, III A, III B, IV A, dan IV B, Jumat (11/08) siang.

Walikota Blitar Samanhudi Anwar mengatakan, penataan ini selain merupakan bentuk penyegaran juga sesuai dengan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama untuk mengisi tujuh jabatan Kepala Dinas yang hingga kini masih diisi pelaksana tugas (Plt) menjadi kepala dinas definitif.

“Ini kan salah satu bentuk penyegaran. Selain memang setelah seleksi terbuka kemarin ada beberapa dinas yang setelah ini sudah memiliki kepala dinas definitif,” ungkap Walikota.

Walikota Blitar juga menekankan jika mutasi yang dilakukan Pemkot Blitar bukan atas dasar suka tidak suka. Melainkan benar-benar mempelajari track record masing-masing individu. Apakah memiliki kemampuan di bidangnya atau tidak. Terlebih untuk jabatan pemimpin tinggi yang harus melalui tahapan seleksi. “Sekarang tidak bisa sembarangan. Utamanya untuk kepala dinas sekarang harus melalui seleksi terbuka,” tegasnya.

Lebih lanjut Samanhudi menjelaskan, agar semua pejabat dan staf yang sudah ditunjuk untuk memimpin dan bekerja di sebuah instansi untuk bekerja secara maksimal. Dan bertanggung jawab atas instansi yang dipimpinnya. “Yang terpenting lagi semua harus bertanggung jawab atas amanat yang diberikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto yang juga ikut dilantik sebagai Kepala Definitif mengatakan, tujuh instansi yang diisi mulai Kepala definitif diantaranya BKD, Dinas Perumahan Rakyat, Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan KPTSP, Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Disperindag, dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Meski begitu menurut Suyoto, masih ada dua instansi yang hingga kini masih kosong, dan menunggu seleksi terbuka serta mutasi selanjutnya untuk diisi kepala definitif. Diantaranya Dinas Pemuda dan Olahraga serta Satpol PP.

“Karena ada beberapa yang dirolling maka untuk dua instansi itu akan dilakukan seleksi terbuka lagi dan ditargetkan pada mutasi selanjutnya sudah terisi,” kata Suyoto.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana proses pelantikan.(foto : fathan)