ADAKITANEWS, Blitar – Ribuan anak usia 0-18 tahun di Kabupaten Blitar saat ini belum mengurus akte kelahiran. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso menjelaskan, untuk saat ini cakupan kepemilikan akte kelahiran penduduk Kabupaten Blitar usia 0-18 tahun sebesar 87 persen lebih. Artinya masih ada 13 persen penduduk yang belum mengurus akte atau sekitar 17.300 penduduk.

“Iya memang saat ini masih ada 17 ribu lebih anak-anak yang belum mengurus akte kelahiran,” ujarnya, Jumat (17/11).

Eko mengaku, meskipun masih ada yang belum mengurus capaian akte, di Kabupaten Blitar sudah melebihi target nasional sebesar 85 persen. Selain itu, saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan capaian akte di Kabupaten Blitar dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti pihak Bhayangkari, PKK, dan juga Dinas Pendidikan.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkannya. Seperti kerjasama dengan Bhayangkari, PKK, dan juga Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Eko menambahkan, pihaknya menargetkan akhir tahun nanti pencapaian akte kelahiran sudah lebih dari 90 persen. “Kita targetkan akhir tahun capai 90 persen lebih,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Eko Budi Winarso, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar.(foto : fathan)