ADAKITANEWS, Sidoarjo – Total sebanyak 184 warga Sidoarjo diberangkatkan menuju Jakarta, Kamis (01/12). Rencananya, mereka akan ikut dalam aksi damai Bela Islam jilid 3 di Monumen Nasional, pada Jumat (02/12) besok.

Ke-184 warga tersebut berangkat menggunakan 4 armada bus. 2 bus dengan jumlah penumpang 104 orang, dan 2 lainnya dengan 84 penumpang. Sebelum diberangkatkan, barang bawaan warga juga sempat diperiksa oleh petugas kepolisian. Tujuannya agar tidak ada benda berbahaya yang dimungkinkan akan dipakai dalam aksi tersebut.

Kapolsek Sidoarjo, Kompol Naufil Hartono mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan, pihaknya tidak menemukan benda atau barang berbahaya yang hendak dibawa warga. “Ada 2 bus pariwisata. Setelah apel, kita lakukan pengecekan perbekalan mereka dan hasilnya tidak ada barang-barang sejenis sajam (senjata tajam,red) dan benda-benda berbahaya lainnya,” kata Kompol Naufil.

Seperti diketahui, demo yang rencananya akan diikuti para warga Sidoarjo itu merupakan aksi lanjutan terkait dugaan penistaan agama, yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok. Sebelumnya, demo serupa juga sempat dilakukan dengan mengikutsertakan ribuan warga dari seluruh Indonesia.(kur)

Keterangan gambar: 184 warga Sidoarjo sesaat sebelum diberangkatkan ke Jakarta, dalam agenda demo 212.(ist)