ADAKITANEWS, Tulungagung – Setelah dinyatakan lolos tes tulis, sebanyak 190 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pilkada 2018 mendatang, kini harus menjalani tes wawancara. Pelaksanaan tes wawancara itupun dilaksanakan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung selama tiga hari, dimulai sejak Kamis (02/11) hingga Sabtu (04/11).

Komisioner KPU Tulungagung, Suyitno Arman mengatakan sesuai dengan jadwal bahwa tes wawancara rekrutmen calon anggota PPK dilaksanakan selama tiga hari. Penentuan rekrutmen PPK dan PPS ini berdasarkan Undang – Undang Nomor 10/2016 tentang jumlah yang dibutuhkan dan Undang – Undang Nomor 7/2017 tentang persyaratan rekrutmen PPK maupun PPS.

“Jumlah peserta ada 190 peserta, terdiri dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung. Yang mana setiap kecamatan masing-masing 10 peserta,” ungkap Komisioner KPU Tulungagung, Suyitno Arman.

Lanjut Arman, tes wawancara dilakukan secara bergantian. Dalam satu hari sebanyak enam sampai tujuh kecamatan. Sedangkan materi yang diujikan dalam tes wawancara ini meliputi tentu tentang pengetahuan dan pengalaman tentang kepemiluan (undang – undang pemilu maupun pilkada).

“Setelah pengetahuan tentang pemilu dan pengalaman kepemimpinan kita tanyakan kepada calon, kemudian kita lanjutkan dengan rekam jejak termasuk tanggapan masyarakat terhadap calon,” kata Arman yang juga selaku anggota KPU koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat.

“Nanti kita klarifikasi jika ada tanggapan masyarakat dan yang lainnya tentang kepemimpinan, ketokohan, tentang hubungan relasi di kecamatan yang bersangkutan. Itu nanti menjadi akumulasi yang penting dalam menentukan lima peserta PPK di setiap kecamatan nantinya, sedangkan lima lainnya sebagai cadangan,” pungkasnya.(ta1)

Keterangan gambar : Komisioner KPU Tulungagung saat melakukan tes wawancara kepada calon anggota PPK.(foto : acta cahyono)