192 WNA di Blitar Dalam Pengawasan Imigrasi

ADAKITANEWS, Blitar – Sesuai data di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, terdapat 192 Warga Negara Asing (WNA) yang kini sedang dalam pengawasan. Jumlah tersebut terbagi di 3 wilayah, yakni di kawasan Blitar Kota dan Kabupaten serta di Wilayah Tulungagung.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, I Nyoman Gede Surya Mataram menjelaskan, 192 WNA yang berada dalam pengawasan tersebut memiliki latar belakang beragam. Mulai dari pelancong, hingga ibu rumah tangga biasa. “100 orang ada di Tulungagung, yang sisanya ada di Kota dan Kabupaten Blitar. Kebanyakan dari mereka itu masih pelajar yang ikut program pertukaran pelajar. Ada juga yang jadi backpacker (pelancong,red) sampai yang mix married (pernikahan campuran),” kata dia di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, Jumat (03/03).

Lebih jauh, Surya mengatakan dalam melakukan pengawasan kehadiran orang asing, Kantor Imigrasi telah berkoordinasi dengan lembaga terkait melalui Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) di berbagai wilayah untuk memaksimalkan pemantauan orang asing. “Adanya Tim Pora, kita sama koordinasi. Kalau ada yang macam – macam, kita tindak sesuai tupoksinya. Kalau terlibat narkoba, ya kita polisikan,” ungkapnya.

Sementara berdasarkan data yang telah dihimpun, sejak awal Januari hingga pertengahan Februari tercatat ada 179 WNA yang ditolak masuk ke Indonesia. Penolakan itu terjadi di 6 Bandara Internasional di Indonesia, masing di Bandara Soekarno-Hatta 92 orang, Batam 31 orang, Medan 25 orang, Ngurah Rai 21 orang, Bandung 6 orang, Batam 3 orang. WNA yang ditolak kedatangannya berpotensi merusak perekonomian bangsa dengan mengambil lapangan pekerjaan serta berpotensi mengganggu kepentingan nasional.(blt1)

Keterangan gambar: Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, I Nyoman Gede Surya Mataram.(doc. Adakitanews.com)

Recommended For You