ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar, Agung Pudjianto mengatakan ada beberapa pasar tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Blitar yang diprioritaskan untuk dilakukan rehab atau renovasi. Diantaranya adalah Pasar Srengat dan Pasar Ngembul Binangun, lantaran kondisinya yang sudah lama dan mengkhawatirkan.

“Kondisi 2 pasar tersebut sudah lama tidak dilakukan renovasi. Selain itu, bangunan lama menyebabkan pasar terlihat tidak tertata dengan baik, sering bocor, dan membuat masyarakat serta pedagang kurang nyaman,” kata Agung, Sabtu (10/06).

Menurut Agung, tidak nyamannya pedagang dan konsumen membuat pedagang berjualan di luar area pasar seperti yang terjadi di Pasar Srengat. Ia pun menyebut, untuk saat ini sementara memang difokuskan pada 2 pasar itu saja. Tetapi jika nanti anggaran mencukupi akan digunakan untuk rehab dan pembangunan pasar lain.

“Karena renovasi kami mulai tahun ini, jadi kami juga menargetkan renovasi 2 pasar itu selesai tahun ini. Sekarang kami masih tahap persiapan,” tuturnya.

Agung menambahkan, selain pasar daerah, beberapa pasar desa saat ini juga sudah mulai ditata dan juga direhab pihak desa melalui anggaran mereka masing-masing. “Sekarang kan anggaran desa banyak, jadi pasar desa juga sudah mulai ditata,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Agung Pudjianto, Kepala Disperindag Kabupaten Blitar.(foto : fathan)