width=

ADAKITANEWS, Blitar – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Derah (RKPD) Kabupaten Blitar tahun 2018, belangsung di gedung wisata Kampung Coklat Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Rabu (08/03). Dalam Musrenbang kali ini, diusung tema “Penguatan SDM dan Usaha Mikro Serta Pengembangan Kawasan Berbasis Potensi Unggulan dan Berkawasan Lingkungan dengan didukung Peningkatan Infrastruktur”.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto, MM, mengatakan, Musrenbang yang juga dihadiri Kepala Bakorwil I Madiun tersebut banyak memberikan saran-saran berupa penuntasan kemiskinan, peningkatan mutu pendidikan dan juga peningkatan kualitas kesehatan. “Jadi sangat bagus masukan dari Bakorwil I Madiun, itu akan menjadi bahan Musrenbang untuk kedepan ditindak lanjuti di tingkat Provinsi,” kata Bupati setelah membuka acara.

Bupati menjelaskan, hasil Musrenbang yang telah disampaikan dari tingkat Desa hingga Kecamatan, mengerucut untuk fokus pada pembangunan infrastruktur. “Memang faktanya di lapangan masih banyak infrastruktur Kabupaten Blitar yang perlu dibenahi maupun dibangun, baik pembangunan jalan maupun yang lain. Untuk itu, tahun 2018 nanti kita akan tetap fokus pada pembangunan infrastruktur,” ungkapnya.

Bupati pun membantah, jika sektor lain seperti pendidikan dan kesehatan tidak diprioritaskan. Ia menyatakan, akan tetap memprioritaskan sektor-sektor itu. Hanya saja pembangunan infrastruktur memang sangat dibutuhkan untuk semua sektor ini. “Ya otomatis pembangunan infrastruktur juga diperuntukkan untuk akses pendidikan maupun kesehatan. Jadi semuanya akan tetap kita prioritaskan,” jelasnya.

Sementara Dr Suprianto, SH, MM, Kepala Badan Koordinasi Wilayah I Madiun mengatakan, untuk penuntasan kemiskinan di Kabupaten Blitar terlihat sudah bagus. Terbukti sudah adanya perkembangan perekonomian di Kabupaten Blitar. “Intinya tingkat perekonomian di Kabupaten Blitar ini sudah meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga angka kemiskinan juga otomatis berkurang,” kata Suprianto.

Skala prioritas yang juga harus digalakkan di Kabupaten Blitar, lanjut Suprianto, selain pembangunan infrastruktur adalah penuntasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat. “Penuntasan kemiskinan bisa dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Dengan bantuan Pemerintah Daerah, masyarakat bisa meningkatkan taraf ekonominya. Saya optimis Kabupaten Blitar bisa lebih baik lagi,” jelasnya.(blt2)

Keterangan gambar: Pembukaan Musrenbang di gedung wisata kampung coklat oleh Bupati Blitar.(foto : fathan)