ADAKITANEWS, Blitar – Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, selama tahun 2017 lalu Kabupaten Blitar mendapat jatah pendaftaran tanah sistematis lengkap sebanyak 21 ribu bidang tanah.

Ia pun memastikan, secara keseluruhan sertifikat telah disampaikan kepada warga masyarakat. Dan yang terakhir, sebanyak 1.350 sertifikat telah resmi diserahkan hari ini, Selasa (30/01).

“Kita mendapat jatah sertifikat tanah gratis melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Pemerintah Pusat sebanyak 21 ribu sertifikat. Alhamdulillah semuanya sudah kita sampaikan kepada masyarakat,” kata Rijanto.

Rijanto menegaskan, sertifikat tanah ini belum seluruhnya dan masih banyak bidang tanah yang perlu mendapat sertifikat tanah. Selain itu ia mengaku, sertifikasi untuk 21 ribu sertifikat berjalan aman, serta tidak ada masalah serius yang terjadi di lapangan, termasuk untuk pembiayaan atau pendanaan.

“Alhamdulillah tidak ada masalah saat proses pelaksanaan sertifikasi. Semuanya berjalan aman terkendali,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur, Gusmin Tuarita mengungkapkan, Jawa Timur merupakan daerah dengan target sertifikat tanah tertinggi di Indonesia. Sehingga saat ini pihaknya berfokus pada penyelesaian masalah di lapangan saat proses pembuatan seperti dokumen para warga dan persyaratan lain.

“Kita fokus pada permasalahan yang ada di lapangan. Jika ada masalah langsung dikomunikasikan dengan pihak pemerintah daerah setempat,” imbuhnya.

Untuk diketahui, hari ini sebanyak 1.350 sertifikat tanah di 17 desa yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Blitar dibagikan secara simbolis Bupati Blitar. Sebelumnya direncanakan sertifikat akan diserahkan oleh Presiden, namun karena kesibukan diwakilkan kepala BPN Jatim bersama Bupati Blitar.(fat/wir)

Keterangan gambar: Penyerahan sertifikat tanah secara simbolis.(foto : fathan)