20160923_154044ADAKITANEWS, Kota Kediri – Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial Republik Indonesia berkunjung ke Kota Kediri Jawa Timur, Jumat (23/09). Selain meresmikan e Warong KUBE PKH, Mensos juga menyalurkan bantuan sosial dan subsidi serta bantuan konpensasi eks Timor Timur (Timtim) di luar provinsi NTT.

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bantuan konpensasi tersebut baru pertama kali secara Nasional diberikan oleh Bangsa Indonesia. Sebelumnya, tahun 2009 Mensos pernah memberikan konpensasi tersebut namun hanya untuk eks Timtim yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Eks warga Timtim yang tidak tinggal di NTT akan mendapatkan kompensasi ini sejumlah 10 juta per Kepala Keluaraga (KK). Karena, NTT sudah menerima pada tahun 2009 yang lalu,” kata Mensos RI.

Persyaratan lainnya, Khofifah menjelaskan, sesuai dengan Perpres (Peraturan Presiden) nomor 25 tahun 2016 warga eks Timtim yang menerima kompensasi yakni sudah berusia minimal 17 tahu. Selain itu, sudah lebih dari 5 tahun tinggal di Indonesia kecuali NTT.

“Hanya satu kali kompensasi ini. Jadi sesuai dengan Perpres itu kami harap warga eks Timtim segera mendaftarkan diri sebelum akhir November agar akhir Desember tahun ini proses verifikasi sudah selesai dan bisa dicairkan,” jelasnya

Hingga saat ini, data yang sudah terverifikasi yakni sekitar 27800 warga eks Timtim. Dimana, proses verifikasinya dilakukan oleh 3 Kementrian, mulai dari Kemendagri, BPKP dan Menko PMK barulah Kemensos mencairkan dana tersebut.

Khofifah mengatakan, di Kota Kediri sendiri ada 24 KK eks Timti yang menerima dana kompensasi tersebut. Data ini masih mungkin bisa bertambah sebelum akhir tahun 2016.

Sementara Monteiro Ketua DPW Komite Korban Politik Timor Timur berharap, warga penerima kompensasi itu bisa memanfaatkan dana yang sudah diberikan itu. “Kami terus mendata eks Timtim, karena hampir semua wilayah di Indonesia sekarang ada warga eks Timtim nya,” katanya saat ikut serta Kemensos meresmikan e Warong KUBE PKH dan penyaluran bantuan sosial dan subsidi serta bantuan konpensasi eks Timor Timur (Timtim) di luar provinsi NTT di Kelurahan Banjaran Kota Kediri.(Zay)

 

Keterangan Gambar : Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial RI.(Foto : Zayyin)