ADAKITANEWS, Kota Blitar – Rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Blitar yang ke-111 juga diramaikan dengan beberapa lomba. Salah satunya adalah lomba atletik tingkat SD dan SMP yang akan dilaksanakan Sabtu (08/04) di Stadion Soeprijadi Kota Blitar.

Ditemui setelah perlombaan, Pembina sekaligus Pelatih PASI Kota Blitar, Nur Hidayat mengatakan, olahraga atletik ini merupakan olahraga yang terukur. Jadi hasilnya sesuai apa yang sudah diprediksi. Namun ia menuturkan, hasil yang didapat Kota Blitar pada kejuaraan ini melebihi target.

“Untuk Kota Blitar hasilnya cukup luar biasa. Karena sudah melebihi target yang kita prediksikan. Dimana di ajang ini juga muncul atlet debutan baru yang mampu berprestasi,” ungkapnya, Sabtu (08/04).

Beberapa kategori yang berhasil menjadi juara, lanjut Nur Hidayat, seperti kategori A putra dengan jarak tempuh 2000 meter, juara 1, 2, dan 3 diraih atlet Kota Blitar, sedangkan kategori A putri dengan jarak tempuh 1000 meter, juara 2 dan 3 juga diraih atlet Kota Blitar.

“Ada beberapa kategori yang tidak bisa kita raih juaranya. Seperti pada kategori B putri dengan jarak tempuh 1200 meter, kategori C putri dengan jarak tempuh 1500 meter, dan kategori C putra dengan jarak tempuh 1500 meter,” jelasnya.

Dengan hasil ini, kata Nur Hidayat, para atlet harus lebih giat lagi untuk berlatih. Karena kejuaraan-kejuaraan selanjutnya sudah menanti. “Kejuaraan ini bisa menjadi jam terbang bagi para atlet. Saya tekankan kepada mereka untuk lebih giat berlatih lagi, karena kejuaraan selanjutnya seperti kejuaraan Pra Remaja dan Remaja, Popda, dan Porprov sudah menanti,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Koni Kota Blitar, Gaguk Dwi mengatakan, lomba atletik ini diikuti 247 peserta yang tidak hanya dari Kota Blitar. “Untuk Kota Blitar diwakili sekitar 60 atlet dari semua kelas. Tapi lomba ini juga diikuti daerah tetangga seperti Nganjuk, Gresik, Kota Malang, Bojonegoro, dan Trenggalek,” kata Gaguk saat ditemui di kantornya, Jumat (07/04).

Untuk kategori perlombaan, lanjut Gaguk, ada kategori A, B, dan C, sesuai tahun kelahiran peserta. “Diantara kategorinya adalah mulai dari kategori A dengan tahun kelahiran 2005 hingga 2007 dengan jarak tempuh 60, 80, dan 120 meter. Sedangkan untuk kategori B kelahiran 2003 dan 2004 dengan jarak tempuh 80, 100, dan 120 meter. Terakhir untuk kategori C kelahiran 2001 dan 2002 dengan jarak tempuh 100, 400, dan 1500 meter putra maupun putri. Selain itu juga masih ada beberapa jarak tempuh di setiap kategori,” jelasnya.(blt2)

Keterangan foto: Suasana Kejuaraan Blitar Open II di Stadion Soeprijadi Kota Blitar dalam rangka HUT Kota Blitar ke-111.(foto : fathan)