unduhan

ADAKITANEWS, Belitar – Sebanyak 25 napi di Lapas Kelas 2B Blitar bisa menghirup udara bebas hari ini. Mereka dinyatakan bebas, setelah mendapatkan remisi saat HUT RI ke 70 Tiba.

Pemberian remisi hari ini dilakukan secara simbolis oleh Kalapas kelas 2B Blitar,  Y.Hartono bertepatan dengan pelaksanaan Upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI, di halaman Kantor Walikota Blitar Senin (17/8).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2 B Blitar Y.Hartono mengatakan hari ini ada 25 narapidana yang langsung bebas. ” Dua puluh lima narapidana yang bebas hari ini, merupakan sebagian dari 204 napi yang diusulkan mendapatkan Remisi Umum hari ini, sedangkan untuk Remisi Dasawarsa Di usulkan sebanyak   270 napi namun belum semuanya turun sampai siang ini,” papar Hartono.

Dari data yang  ada , Senin (17/8/2015) ranking tindak pidana yang dibina di Lapas Kls 2B Blitar paling tinggi dari kasus pencurian sebanyak 53 napi, kesusilaan, 51 napi, narkoba 34 napi, UU kesehatan 31 napi. Sedangkan untuk koruptor ada 8 napi.

Remisi ini diberikan kepada para narapidana dengan dasar hukum UU no 12 tahun 1995 tentang Lembaga Pemasyarakatan dan Keputusan Presiden no 174 tahun 1999 tentang hak mendapatkan remisi bagi para napi.(wir/jati)