ADAKITANEWS, Jombang – Beberapa desa di Kabupaten Jombang dilanda banjir hingga menggenangi ribuan permukiman. Alhasil, ada beberapa desa yang hingga kini warganya tidak bisa beraktivitas dan membawa dampak sosial.

Seperti yang terjadi di Dusun Gebangsari Desa Trawasan Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Pantaun Tim Adakitanews.com pada Kamis (21/12), banjir yang menggenangi desa tersebut terlihat masih setinggi lutut orang dewasa.

Eli Santoso, 29, yang rumahnya juga terkena banjir mengatakan, banjir mulai terjadi pada Selasa (19/12) malam dan puncak banjir terjadi pada Rabu (20/12) dini hari pukul 03.00 WIB dengan ketinggian air seukuran pinggang orang dewasa. “Banjir mulai hari Selasa malam hingga hari ini. Rabu menjelang subuh ketinggian banjir juga sampai sepinggang,” ungkap Eli Santoso.

Akibat banjir yang selama tiga hari ini melanda desanya, Eli mengaku resah dan khawatir terhadap banjir susulan yang kemungkinan bisa terjadi. “Ya resah, sampai saya tidak bisa kerja karena khawatir dengan kondisi ini,” jelasnya.

Banjir yang belum surut tersebut, diketahui juga mengganggu perekonomian warga setempat. Seperti yang dialami oleh Mujiati, 54, yang berprofesi sebagai buruh tani. Ia mengaku selama tiga hari ini tidak bisa ke sawah untuk bekerja. Hal tersebut lantaran sejumlah persawahan di Dusun Gebangsari Desa Trawasan terendam banjir.

“Biasanya ya ke sawah, karena banjir ini ya gak bisa kerja,” ujar Mujiati yang saat itu sedang membersihkan rumahnya dari banjir.

Ia juga mengaku bahwa dirinya kesulitan mendapatkan kebutuhan pangan selama banjir tersebut, lantaran tidak adanya penjual sayur keliling yang masuk di desanya. “Yang biasanya banyak Lijo (pedagang sayur keliling, red) lewat, karena banjir jadi tidak ada yang jualan. Sekarang bingung masaknya gimana,” tandasnya.

Sekadar diketahui, bencana banjir yang menimpa Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang sesuai data yang dihimpun dari BPBD Jombang, terdapat 2.723 rumah warga dan 6.439 jiwa yang terdampak banjir. Selain Kecamatan Sumobito, banjir juga terjadi di Kecamatan Mojoagung, Kecamatan Bareng dan Kecamatan Mojowarno.(ar)

Keterangan gambar: Kondisi banjir yang menggenangi Dusun Gebangsari Desa Trawasan Kabupaten Jombang.(foto:adi rosul)