ADAKITANEWS, Blitar – Selain tengah menggodok beberapa Peraturan Daerah (Perda), tahun ini DPRD Kabupaten Blitar rencananya juga akan membatalkan atau mencabut 3 Perda.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto mengatakan, 3 Perda yang rencananya akan dibatalkan tahun ini diantaranya, Perda nomor 5 tahun 2004 tentang Pengelolaan Penyelenggaraan Kewenangan Tugas Pemerintahan di Bidang Minyak dan Gas Bumi di Wilayah Kabupaten Blitar, Perda nomor 12 tahun 2011 tentang pelestarian sumber air dan pengelolaan air tanah, serta Perda nomor 12 tahun 2011 tentang pertambangan mineral.

“Tiga Perda ini harus kita batalkan. Pasalnya kewenangan pengelolaannya sudah pindah. Baik diambil alih Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat,” papar Suwito, Kamis (06/04).

Menurut Suwito, sesuai dengan tata tertib yang berlaku, pembatalan atau pencabutan 3 Perda ini nantinya juga akan diparipurnakan. “Ya Perda ini kan lahirnya melalui rapat paripurna, sehingga untuk pencabutannya juga akan kita paripurnakan,” tuturnya.

Suwito menambahkan, saat ini DPRD juga sedang menggodok beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang ditargetkan bisa menjadi Perda pada bulan April ini. Yakni Perda tentang minuman beralkohol (minol), Perda tentang Pajak Daerah, dan Perda tentang admindukcapil.(blt2)

Keterangan gambar: Suwito Saren Satoto, Ketua DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)