30 Ribu Keping Blangko e-KTP Sudah Tiba, Dispendukcapil Lakukan Pencetakan Secara Bergilir

ADAKITANEWS, Blitar – Blangko e-KTP untuk Kabupaten Blitar sudah turun sebanyak 30 ribu keping. Yakni secara bertahap, mulai 10 ribu keping pada bulan Januari dan 20 ribu keping pada bulan Maret.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso, yang mengungkapkan bahwa blangko ini baru bisa diproses atau dibagikan mulai kemarin, Senin (29/05) lantaran sebelumnya petugas Dispendukcapil baru mengikuti bimbingan teknis.
“Ini baru bisa kita bagi mulai kemarin. Ya selain karena petugas kami yang masih mengikuti bimbingan teknis, juga karena adanya printer yang masih diperbaiki,” ungkap Eko saat ditemui di kantornya, Selasa (30/05).

Untuk pembagiannya, lanjut Eko, pihaknya mencoba strategi bergilir. Dimana pada tahap awal percobaan ini pembagian masih ditujukan untuk Kecamatan Kanigoro. “Kemarin kita berikan undangan kepada 200 warga Kelurahan Kanigoro, tetapi yang datang hanya 160. Untuk hari ini kita layani Kelurahan Satreyan, dan kita juga mengundang 200 warga,” jelasnya.

Eko memprediksi, dalam waktu kurang dari 90 hari blangko e-KTP ini akan habis. Dan pihaknya berharap, setelah ini akan ada droping blangko e-KTP dari Pemerintah Pusat lagi. “Sementara ini kita undang yang paling lama mengajukan, yakni mulai periode Oktober hingga Desember 2016. Setelah periode ini habis, kita lanjutkan ke periode berikutnya. Jadi kita memang terus membutuhkan blangko ini. Sehingga kita harap setelah blangko ini habis, ada droping lagi dari pusat karena kita juga sudah mengajukan penambahan lagi,” papar Eko.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana pembagian e-KTP di kantor Dispendukcapil Kanigoro.(foto : fathan)

Recommended For You