ADAKITANEWS, Kota Kediri – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri pada tahun ajaran 2017 ini sudah mulai melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. Termasuk 33 Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kota Kediri.

Kepala Disdik Kota Kediri, Drs Siswanto melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Cevy Ning Suyudi mengatakan, PPDB Online akan dimulai pada tanggal 7, 8, dan 10 Juli 2017. Dari 33 sekolah yang ada, pendaftaran bisa diakses melalui 25 sekolah dasar yang tersebar di masing-masing kecamatan di Kota Kediri.

“Sedangkan untuk sekolah inklusi dan terbuka dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juli 2017 di Disdik serta sekolah penyelenggara, yang mana hasilnya akan diumumkan pada tanggal 5 Juli 2017. Selain itu harus dengan menyertakan permohonan rekomendasi dari psikolog khusus inklusi,” cakapnya saat jumpa pers, Senin (05/06 malam di kantor Disdik Kota Kediri, Jalan Mayor Bismo.

Cevy menjelaskan, untuk pendaftaran nantinya para calon peserta didik harus membawa dan menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan asli. Pasalnya, ketentuan zona domisili akan menentukan penilaian pada peserta didik baru untuk dapat diterima di sekolah yang diinginkan.

Sedangkan jika ada KK luar Kota yang tinggal di Kota Kediri, seperti penugasan TNI, Polri, BUMN, dan Swasta, harus menyertakan surat penugasan dan surat
keterangan domisili dari Kelurahan. Selain itu siswa harus memiliki akte kelahiran asli dan fotockopi.

Penilaian tersebut, imbuh Cevy, diambil menurut domisili lantaran pendaftar harus memperhatikan skor zonasi agar tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Sedangkan untuk pendaftaran hanya bisa dilakukan sekali setelah mendaftar, dan tidak boleh mencabut kembali untuk setiap jalur pendaftaran. Maka dari itu Disdik Kota Kediri memberikan 5 pilihan sekolah yang dapat dipilih oleh masing-masing calon peserta didik.

“Karena masih tahun pertama PPDB online ini tidak sepenuhnya melalui jaringan online, calon peserta didik harus datang ke tempat pendaftaran terlebih dahulu lalu data dimasukkan melalui online. Namun untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Kediri, tetap sama seperti tahun lalu, dan tanggal pelaksanaannya sama seperti PPDB SD,” ujarnya.

Saat di tempat pendaftaran semua berkas asli maupun fotokopi akan dicek dan diverifikasi pada sebelum entry data di lokasi sekolah. Jika sudah sesuai maka data akan dimasukkan dan mencetak bukti serta tanda tangan juga stempel. Selanjutnya pemantauan pendaftaran dapat diakses melalui Website https://kediri.siap-ppdb.com/ dan melalui sms PPDB nomor pendaftaran kirim ke 98108.(udn)

Keterangan gambar : Kepala Disdik Kota Kediri, Drs Siswanto dan Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Cevy Ning Suyudi.(foto:fasihhuddin kholili)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/06/050617-udn-kediri-disdik-1024x576.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/06/050617-udn-kediri-disdik-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,dinas pendidikan kota kediri,kediri,PPDB
ADAKITANEWS, Kota Kediri - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri pada tahun ajaran 2017 ini sudah mulai melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. Termasuk 33 Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kota Kediri. Kepala Disdik Kota Kediri, Drs Siswanto melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Cevy Ning Suyudi...