width=

Kediri(adakitanews.com) — Sebanyak 4 ribu Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Kediri akan segera mendapatkan vaksin Covid-19.

Jumlah data tersebut berdasarkan data yang telah masuk di Kementrian Kesehatan (Kemenkes) yang sebelumnya merupakan usulan dari tingkat daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr Fauzan Adima menerangkan, ada sekitar 4 ribuan tenaga kesehatan yang sudah terdaftar untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Mereka adalah garda depan yang bertugas sebagai pelayanan medis.

Menurut dr Fauzan, sesuai dengan jadwal, vaksinasi terhadap Nakes tersebut dijadwalkan pada Januari 2021 sampai April 2021.

“Jadi prosedur awalnya, dari Dinas Kesehatan daerah mencatat semua tenaga kesehatan yang ada berdasarkan pelayanan kesehatannya. Misalnya RSUD Gambiran, dokternya berapa, perawat berapa, analis berapa, administrasi, satpam hingga cleaning service. Semuanya terdaftar. Data ini kemudian dikirim secara online ke pusat,” ucapnya.

Dari data yang masuk tersebut diaplikasikan kedalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK). Dari data inilah kemudian didapat nomor telepon masing-masing Nakes dan juga NIK mereka.

“Data yang masuk ke Kemenkes berdasarkan NIK – KTP, dan bukan berdasarkan status kepegawaian. Apakah ini pegawai negeri atau tenaga kontrak maupun tenaga honorer, semua rata mendapatkan vaksin ini,” tegasnya.

dr Fauzan mengatakan, Nakes yang mendapat vaksin juga tidak hanya bagi rumah sakit besar maupun rujukan saja. Namun keseluruhan Nakes yang ada, bahkan untuk puskesmas pembantu.

“Semuanya akan mendapat vaksin ini, hanya waktunya yang tidak bersamaan. Dijadwalkan pelaksanaan vaksin pada bulan Januari hingga April mendatang, namun kapan pastinya masih belum ada kejelasan,” ucapnya.

Pemerintah Kota Kediri sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk vaksin ini. bahkan sejumlah tenaga kesehatan yang akan melakukan vaksin juga sudah mendapatkan pelatihan.

“Kami sudah siap untuk pelaksanaan vaksin ini, hanya tinggal tunggu dropping saja,” pungkasnya.

Rumah sakit rujukan penangan Covid-19 di Kota Kediri diantaranya RSUD Gambiran II Kediri, Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan, Rumah Sakit Bhayangkara Kota Kediri, dan Rumah Sakit Kilisuci Kediri. (Oky)