ADAKITANEWS, Sidoarjo – Menjelang pelaksanaan Istigosah Kubro dan Harlah NU ke-94 yang digelar di GOR Delta Sidoarjo pada Minggu (09/04), Kapolresta Sidoarjo menyiagakan sebanyak 4.046 personel gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Damkar, Banser, dan Ansor.

Personel gabungan itu terdiri dari 1.336 anggota Polri meliputi Polrestabes Surabaya, Polres Gresik, Polres Pasuruan, dan Polres KP3 Tanjung Perak. Ditambah 100 personel dari TNI, 90 personel dari Dishub, 56 personel dari Satpol PP, 12 tim kesehatan, 8 Damkar, 1.117 Banser, dan 1.007 personel dari Ansor 420.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan pihaknya bersama panitia penyelenggara kegiatan sudah bekerja sama dalam hal keamanan. “Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan aman dan lancar. Kalau aman, investasi akan mengalir dengan sendirinya kepada Jawa Timur, khususnya Sidoarjo,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Muh Anwar Nasir mengatakan, dari jumlah tersebut nantinya akan disebar ke beberapa titik di kawasan GOR Sidoarjo dan di titik-titik area parkir. “Ada 12 titik parkir. Kami juga menyediakan 8 titik parkir cadangan yang sudah dikoordinasikan dengan Polres-Polres jajaran untuk mengawal PCNU dari masing-masing Kabupaten,” jelasnya usai apel gelar pasukan, Jumat (07/04) .

Ia berharap, dengan digelarnya Istigosah Kubro yang dihadiri oleh 45 Pimpinan Cabang NU se-Jawa Timur dengan jumlah sekitar 500 ribu jamaah tersebut, bisa bekerja sama dengan petugas keamanan. “Kita harapkan jamaah bisa kerja sama dengan petugas untuk tetap sabar, supaya kondisi bisa berjalan dengan aman tertib dan nyaman,” ujarnya.(sid2)

Keterangan gambar : Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin. (bawah) Kapolresta Sidoarjo, Kombespol M Anwar Nasir SIK saat memimpin apel gelar pasukan.(foto: mus purmadani/ist)