ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan memberikan bantuan berupa kelambu kepada masyarakat di Kabupaten Blitar, sebagai upaya pengamanan dari serangan nyamuk malaria ketika sedang tidur.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, menjelaskan, bantuan dari Provinsi Jatim ini diarahkan ke beberapa desa di wilayah pantai yang berpotensi perkembangbiakan malaria. “Ada empat daerah yang mendapat bantuan. Pertama di Desa Ringinrejo Kecamatan Wates tepatnya di Pantai Jolosutro, kedua di Pantai Serang, ketiga di Desa Tambakrejo atau tepatnya Pantai Tambak, kemudian terakhir di Desa Bululawang Kecamatan Bakung tepatnya di Pantai Pasur,” kata Bupati setelah pemberian bantuan kelambu di Pantai Serang, Selasa (04/04).

Di empat titik itu, lanjut Bupati, ada pemukiman penduduk dimana ada pertemuan antara sungai dan bibir laut yang diyakini sebagai tempat berkembangnya bibit nyamuk malaria. Oleh karenanya, 4 daerah tersebut diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan dari provinsi.

“Sementara ini bantuan masih ditujukan ke 4 titik itu. Karena di sana ada potensi tempat perkembangbiakan malaria,” ungkapnya.

Bupati menuturkan, sebenarnya keberadaan nyamuk malaria di Kabupaten Blitar sudah tidak ada atau tereliminasi. Namun yang dijaga adalah adanya tamu-tamu dari luar Jawa. Apalagi ini adalah daerah wisata yang sering dikunjungi wisatawan.

“Ya ini sebagai antisipasi. Namun jika ada keluarga maupun kerabat yang bekerja di luar Jawa khususnya ke daerah timur, pada saat pulang menderita sakit harus segera diperiksakan, untuk memastikan tidak terjangkit malaria. Jika betul harus ada usaha preventif jangan sampai menular. Selain itu pola hidup bersih dan sehat harus terus ditanamkan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Kabid P2MK Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, drg Ansarul Fahruda, M Kes, mengatakan, bantuan ini diberikan sebagai antisipasi ataupun pencegahan malaria. “Kita berikan bantuan ini untuk mengantisipasi malaria. Meskipun di Kabupaten Blitar ini saat ini sudah tidak ada,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jumlah kelambu yang diberikan sebanyak 250 kelambu tiap daerah dengan jumlah total bantuan kelambu dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 1.000 kelambu.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana pemberian bantuan kelambu sekaligus sosialisasi di Pantai Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar.(ist)