width=

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Sebanyak 4 penghargaan yang diperoleh Kota Blitar tahun ini, dikirab mengelilingi Kota Blitar, Selasa (15/08) pagi. Empat penghargaan itu diantaranya, perolehan adipura, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Kota Layak Anak, dan Nirwasita Tantra.

Walikota Blitar, M Samanhudi Anwar mengatakan, kirab ini merupakan salah satu bentuk budaya, dimana setiap memperoleh penghargaan adipura pasti diadakan kirab. Hal ini dilakukan agar masyarakat Kota Blitar mengetahuinya bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar benar-benar peduli dengan lingkungan. “Piala Adipura ini sudah kita raih yang ke-13 kalinya. Sedangkan yang masih pertama kalinya adalah penghargaan Nirwasita Tantra, ini penghargaan untuk Kepala Daerah yang peduli terhadap lingkungan,” kata Samanhudi setelah menerima penghargaan, Selasa (15/08).

Lebih jauh Samanhudi menjelaskan, penghargaan Nirwasita Tantra ini pertama kali didapat dan Kota Blitar merupakan satu diantara 6 Kabupaten/Kota dari 515 daerah yang mendapatkannya. Sedangkan penghargaan Kota Layak Anak, sudah yakin akan didapatkan karena beberapa kali dapat juara nasional. Hal ini menjadi bukti bahwa program pro rakyat terealisasi.

“Untuk WTP, tentu suatu penghargaan luar biasa dengan 7 kali mendapatkannya. Pengelolaan keuangan yang baik ini harus dipertahankan. Sebelum pensiun, saya berharap dapat 10 WTP berturut-turut,” jelasnya.

Samanhudi menuturkan, meski memperoleh banyak penghargaan, tetapi pihaknya tahun depan menargetkan untuk mendapatkan penghargaan adipura kencana. Menurutnya, untuk memperoleh penghargaan ini, harus ada inovasi baru dari Pemkot Blitar. Sehingga ia sudah menganggarkan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) untuk pembangunan kolam ikan koi warna merah putih di depan setiap kantor SKPD. Tetapi untuk membeli ikan koinya, SKPD harus menganggarkan sendiri sebagai bentuk komitmen bersama meraih adipura kencana.

“Ikan koi nanti warnanya harus merah putih dan berjumlah 10. Ini sebagai lambang kesucian Kota Blitar yang anti korupsi,” jelasnya.

Untuk diketahui, pada penerimaan penghargaan dihadiri Walikota dan Wakil Walikota Blitar, DPRD Kota Blitar, Inspektorat, Sekretaris Daerah, dan SKPD se-Kota Blitar.(fat)

Keterangan gambar: Proses penerimaan penghargaan.(foto : fathan)