ADAKITANEWS, Blitar – Prestasi siswa Indonesia di kancah Internasional semakin membanggakan. Kali ini prestasi itu datang dari Tim Robotic siswa Pondok Pesantren Mambaus Sholihin (MBS) asal Desa Sumber Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar.

Empat orang siswa ini telah mengikuti turnamen bernama Osaka Robotic Games 2017 yang digelar di Osaka Japan mulai 28 Oktober – 2 November 2017. Mereka adalah M Gymnastiar Alfarizy, Nauval, Bahrul, dan Farhan. Hasilnya mereka mampu mendapat juara di masing-masing kategori yang dilombakan.

M Gymnastiar Alfarizy, salah satu siswa MBS ini menjelaskan, kategori yang dilombakan diantaranya seperti Sumo RC, Line follower micro, Maze Solving dan Soccer. “Saya meraih juara 1 kategori Sumo RC dan juara 2 di Kategori Maze Solving. Nauval juara 2 Sumo RC dan juara 3 kategori soccer. Sedangkan Bahrul dan Farhan juara 2 kategori Soccer,” katanya saat diwawancara di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Jumat (03/11).

Para siswa mengaku tidak ada kesulitan dalam mengikuti lomba ini. Karena mereka sudah melakukan persiapan sejak sekitar bulan Mei 2017 lalu. “Ada banyak negara yang mengikuti lomba ini. Tapi lawan yang paling berat adalah Malaysia,” jelas Gymnastiar.

Masih di tempat yang sama, Bupati Blitar, H Rijanto MM mengatakan, tidak semua anak bisa mendapatkan seperti kesempatan juara pada perlombaan seperti itu. Menurutnya, ini suatu hal yang membanggakan khususnya bagi Kabupaten Blitar, karena turnamen ini tingkat Internasional.

“Persiapannya cukup bagus, semoga mereka semua mempunyai masa depan yang bagus dengan kemampuannya di dunia robot ini,” paparnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar akan terus mengawal dan mendukung mereka. “Bagaimanapun juga kita mempunyai kewajiban agar anak bangsa ini mempunyai masa depan yang bagus dan berkualitas,” terangnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Empat siswa yang mendapat juara pada turnamen Osaka Robotic Games 2017 di Japan.(foto : fathan)