ADAKITANEWS, Kota Kediri – Sebanyak 40 orang sopir bus angkutan penumpang Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Tamanan Kota Kediri dipastikan bersih dari pengaruh narkoba serta alkohol. Hasil tersebut diketahui usai Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri melakukan tes urine kepada para sopir, Kamis (21/12).

Tes kali itu dilakukan untuk memastikan keamanan serta keselamatan para penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus saat libur panjang menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Ditemui usai pelaksanaan tes, Kepala BNN Kota Kediri, AKBP Bunawar SH, menyatakan bahwa tes urine tersebut adalah langkah screening (Deteksi Dini) untuk memastikan para sopir bus tidak sedang dalam pengaruh alkohol maupun obat-obatan terlarang.

“Upaya ini sekaligus sebagai salah satu langkah untuk menekan angka kecelakaan dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi masyarakat pengguna angkutan bus AKDP,” ucapnya.

Sebelum tes urine, para sopir tersebut juga melakukan pemeriksaan kesehatan guna memastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat dan layak mengemudikan kendaraan umum.

Di sela pemeriksaan, AKBP Bunawar juga memberi imbauan kepada para penumpang untuk melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) secara langsung dengan membagikan brosur.

“Hal ini untuk memberikan edukasi agar para penumpang lebih waspada terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba serta modus operandi peredaran gelap narkoba,” ucapnya.

Dan dalam sidak kali ini BNN Kota Kediri tidak mendapati adanya sopir yang menggunakan narkoba maupun alkohol. “Alhamdulillah hasilnya negatif. Tidak ada yang positif dan inilah yang kita harapkan dalam rangka Natal dan Tahun baru,” tutupnya.(kdr1)

Keterangan gambar: Kepala BNN Kota Kediri, AKBP Bunawar SH saat diwawancara.(foto: muchlis ubaidhillah)