ADAKITANEWS, Blitar – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-17 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur di Blitar, digelar di Balai Kusuma Wicitro Kota Blitar, Sabtu (06/05).

Ujian dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan selesai sekitar pukul 17.00 WIB. Hasilnya, dari 47 peserta yang mengikuti ujian baik kelas muda, madya, maupun utama, 42 diantaranya dinyatakan kompeten atau lulus. Sedangkan 5 lainnya, dinyatakan belum berkompeten.

Kepala Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendro Basuki dalam sambutannya mengatakan, bagi peserta yang dinyatakan lulus atau berkompeten bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dari UKW ini, baik dari segi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) maupun cara penulisan berita.

“Mereka yang lulus harus tetap mendalami ilmu jurnalis. Pasalnya, belum tentu nilai yang diberikan pada batas minimal, benar-benar didapat secara murni. Artinya bisa jadi nilainya 68 atau 69,” kata Hendro, Sabtu (06/05) petang.

Sementara bagi yang tidak lulus, Hendro berpesan, untuk tidak kecil hati. Mereka bisa mengikuti UKW selanjutnya dengan persiapan yang lebih matang. “Mereka bisa ikut lagi jika ada UKW. Namun mereka harus lebih sering membaca buku-buku jurnalis terbaru,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Blitar Raya, Hendi Budi Yuantoro berharap, melalui UKW ini bisa terlihat mana wartawan yang berkompeten dan mana yang belum berkompeten. “Saya harap ada UKW lagi, agar wartawan semakin mendalami ilmu jurnalistik,” paparnya, Sabtu (06/05).

Pada kegiatan UKW, Wakil Walikota Blitar, Santoso juga menyempatkan waktu untuk membuka ujian ini. Wawali mengatakan, apresiasi kepada pengurus PWI Blitar Raya yang telah menyelenggarakan UKW tersebut.
“Kami mengucapkan selamat datang bagi penguji dan pengurus pusat maupun wilayah yang telah melaksanakan UKW di Kota Blitar, semoga pelaksanaan ini bisa berlangsung dengan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dari 47 peserta UKW yang sudah terseleksi administrasinya, 40 mengikuti UKW di kelas muda, 4 di kelas madya, dan 3 di kelas utama. Pelaksanaan UKW sendiri berlangsung selama sehari dengan penguji yang didatangkan dari Pusat dan wilayah sebanyak 9 orang. Selain peserta dari Blitar, UKW juga diikuti peserta dari Kediri, Trenggalek, Jombang, Nganjuk, Pasuruan, Madiun, dan Bojonegoro.(blt2)

Keterangan gambar: UKW angkatan ke-17 di Balai Kusuma Wicitro Kota Blitar.(foto : fathan)