width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-27. Acara yang digelar di Masjid Agung Sidoarjo tersebut akan diikuti oleh 469 kafilah dan terbagi menjadi 21 cabang lomba mulai 5 – 6 Nopember 2016.

21 cabang lomba tersebut adalah Lomba Tartil, Tilawah Anak-anak, Remaja dan Dewasa, Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 1 juz dan 5 juz tilawah, MHQ 10 juz, 20 juz dan 30 juz, serta tafsir Bahasa Indonesia, Arab serta Bahasa Inggris.

Tidak hanya itu, ada juga cabang Lomba Musabaqoh Fahmil Quran (MFQ), Musabaqah Khat Alquran (MKQ) dan Musabaqah Syarhil Quran (MSQ). Lomba-lomba tersebut rencananya akan diselenggarakan di tiga tempat, yakni Pendopo Kabupaten Delta Wibawa Sidoarjo, Masjid Agung Sidoarjo dan Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo.

Wakil Bupati Sidoarjo, H Nur Ahmad Syaifuddin berharap nantinya akan lahir Qori dan Qoriah handal melalui ‎MTQ tersebut. Sekaligus, tetap menjadikan Kabupaten Sidoarjo sebagai gudangnya pembaca Alquran. “Semoga dengan kegiatan ini, ‎Kabupaten Sidoarjo tetap menjadi g‎udangnya pembaca kitab suci Alquran,” ujarnya.

Ditambahkan Cak Nur, sapaan akrab Wabup Sidoarjo, prestasi Kabupaten Sidoarjo di ajang MTQ tingkat propinsi maupun nasional selama ini patut diancungi jempol. Bahkan diketahui, di tingkat propinsi, Sidoarjo sudah meraih piala bergilir berkali-kali dari Gubernur Jawa Timur. Melalui kesempatan tersebut Cak Nur juga berharap agar semua pihak memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan MTQ ke-27 ini.

“Kalau anak-anak muda, generasi muda sudah menunjukkan perhatiannya kepada Alquran, membaca dengan benar sekaligus memahami maknanya dan mengamalkannya, maka pola hidup anak-anak akan sesuai dengan tuntunan Alquran,” pungkasnya.(kur)

Keterangan gambar: Pembukaan Lomba MTQ ke-27 Sidoarjo, Sabtu (05/11).(ist)