width=

ADAKITANEWS, Blitar – Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Blitar ke-111 digelar Pemerintah Kota Blitar. Dimulai dengan upacara peringatan Hari Jadi pada Sabtu (01/04) kemarin, dan dilanjutkan pada hari ini, Minggu (02/03) dengan pawai budaya yang diikuti oleh 49 peserta dari instansi Pemerintahan, Kelurahan, dan Kecamatan se-Kota Blitar, serta warga Kota Blitar yang nampak memadati rute pawai.

Pawai budaya diberangkatkan langsung oleh Walikota Blitar dari depan kantor Pemkot Blitar sekitar pukul 12.00 WIB. Walikota Blitar, Samanhudi Anwar dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para pejabat serta PNS di lingkup Pemkot Blitar yang turut berpartisipasi dalam pawai budaya tersebut. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu bagian dari upaya Pemkot Blitar untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Pawai budaya ini sebagai wujud rasa syukur kita yang sudah mencapai angka 111. Selain itu, juga sebagai salah satu momentum untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Memang untuk semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), saya wajibkan untuk ikut. Dan berkreasi se-kreatif mungkin. Sekarang sudah bukan zamannya masyarakat memberi hiburan kepada pejabat, namun sekarang saatnya pejabat yang tampil untuk menghibur masyarakat,” katanya, Minggu (02/04).

Dalam pawai budaya tersebut, lanjut Walikota, juga ditampilkan berbagai atraksi yang mengusung budaya bangsa Indonesia, serta sejarah Kota Blitar. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan kembali masyarakat Kota Blitar akan jati diri bangsa. “Semua yang ditampilkan mengusung tema budaya bangsa Indonesia serta sejarah berdirinya Kota Blitar 111 tahun yang lalu,” paparnya.

Selaras dengan Walikota Blitar, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Suharjoko mengatakan, dipilihnya seluruh PNS dan kepala OPD Pemkot Blitar sebagai peserta pawai budaya bertujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Kota Blitar. Lebih dari itu, dengan tampilnya para pejabat publik di tengah masyarakat, akan tercipta keakraban antara pemerintah dan rakyat. “Semua PNS dan kepala OPD tampil, sehingga masyarakat diharapkan akan lebih mengenal dan bisa menjalin kedekatan dengan mereka,” kata Suharjoko.

Suharjoko menambahkan, agenda pawai budaya ini juga bertujuan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Kota Blitar. Sehingga setiap tahunnya pawai budaya sengaja dikemas secara berbeda. “Tentunya kami juga berharap pawai budaya ini bisa menarik minat wisatawan datang ke Kota Blitar,” harapnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana Pawai Budaya peringatan HUT Kota Blitar ke 111.(ist)